Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di SMKN 1 Labang
    Penulis : Ainun Yaqin
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :M. Afif Effindi, S.Kom., M.T.
    Abstraksi

    Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran Simulasi Digital, b) keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, c) hasil belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Penelitia n ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Labang dengan jenis sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana kelas X RPL A sebagai kelas kontrol dan kelas X RPL B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas terhadap guru dan siswa. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji statistik. Dari hasil uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 2.314 dan ttabel sebesar 2.160, sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata aktivitas guru adalah 82.8 dan nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 74.665. Penelitian ini diperoleh kesimpulan: a) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation terhadap hasil belajar, b) keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh nilai baik dan aktivitas siswa memperoleh nilai baik, c) nilai rata -rata hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan, yaitu sebelum diberi perlakuan sebesar 50.33 dan sesudah diberi perlakuan sebesar 82.33.

    Abstraction

    The purpose of this research is to find out: a) the influence of the Group investigation type cooperative learning model on the learning outcomes of class X RPL students in Digital Simulation subjects, b) implementation of teacher and student activities, c) learning outcomes before and after being treated. This research is a quantitative study using Quasi Experimental Design with the research design using Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted at SMKN 1 Labang with the type of sample used is saturated sample, where class X RPL A as the control class and class X RPL B as the experimental class. The instrument used was a test of learning outcomes, an observation sheet of activities on teachers and students. Learning outcomes tests were analyzed using statistical tests. From the significance test results obtained tcount is 2.314 and ttable is 2.160, so tcount > ttable then Ho is rejected and Ha is accepted. The average value of teacher activity is 82.8 and the average value of student activity is 74.665. This study concluded: a) there is an influence of the Group investigation type of cooperative learning model on learning outcomes, b) the feasibility of the teacher's activities getting good grades and student activities getting good grades, c) the average value of student learning outcomes showed an increase, namely before being given a treatment of 50.33 and after being given a treatment of 82.33.

Detail Jurnal