Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Perakitan Komputer Kelas X TKJ SMKN 1 Labang
    Penulis : Lita Ifa Yulian
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada materi perakitan komputer kelas X TJK SMKN 1 Labang. Dengan CTL (Contextual Teaching Learning) siswa belajar melalui mengalami bukan menghafal dan strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan penelitian ini merupakan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data sampel menggunakan Teknik Non probability Sampling jenis Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: (1) keterlaksanaan guru dalam pembelajaran selama 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 94,21% dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran selama 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 81,97% dengan kategori sangat baik, (3) respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 75,27% dengan kategori baik (4) hasil belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 75,714. Peningkatan dari hasil belajar siswa pretest ke posttest yang dilihat dari nilai gain ternormalisasi sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Keempat dari indikator tersebut terlaksanakan dengan baik. Pada uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel dengan nilai thitung sebesar 2,6360 dan ttabel sebesar 2,0560 dengan taraf signifikan ? = 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari empat indikator terlaksana dengan baik sehingga dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) “efektif” pada materi perakitan komputer kelas X TKJ SMKN 1 Labang. Kata kunci :Efektivitas, Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning), Perakitan Komputer

    Abstraction

    ABSTRACT This study has a purpose is to that is to know the effectiveness of Contextual Teaching and Learning Strategy (CTL) on the assembly material of class X Computer and Network Engineerin (TKJ) Labang 1. With CTL (Contextual Teaching Learning) students learn through experience not memorization and learning strategies that emphasize the process of full student involvement to be able to find the material being studied and relate it to real life situations. This research is a quantitative study using CTL (Contextual Teaching And Learning) learning strategies and this research is a Nonequivalent Control Group Design research using Pretest-Posttest Control Group Design. Sampling data using technique Nonprobablity Sampling with type of Saturated Sampling. Based on the result of the research: (1) the teacher’s implementation in the learning during the 2 meetings obtained an average of 94,21% including the excellent category, (2) the student’s activity in learning during the 2 meetings obtained an average of 81,97% included very good category, (3) student’s response earned an average of 75,27% included good category, (4) student learning outcomes got average of 75,714. Improvement of pretest student learning outcomes to posttest seen from normalized gain value of 0,62 which belongs to medium category. Four of these indicators are well implemented. In t-test, the result of tcount > ttable with a tcount of 2,6360 and ttable of 2,0560 with significant level ? = 0.05. So it can be concluded that the four indicators performed so well that it can be said that Contextual Teaching and Learning Strategy (CTL) “effective” on the computer assembly material of class X Computer and Network Engineerin (TKJ) Labang 1. Keyword : Effectiveness, Contextual Teaching and Learning Strategy (CTL), computer assembly

Detail Jurnal