Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan kemampuan interaksi sosial kategori tinggi dan siswa dengan kemampuan interaksi sosial kategori rendah. 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pembelajaran kooperatif dan kemampuan interaksi sosial ditinjau dari hasil belajar siswa, dan 4) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2 dengan teknik Analisis Varian (ANOVA) dua jalur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKI SMK Negeri 1 Labang yang berjumlah 88 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini, disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan nilai FA(hitung) yang diperoleh sebesar 7,42, sedangkan nilai Ftabel untuk taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 4,01. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan kemampuan interaksi sosial kategori tinggi dan siswa dengan kemampuan interaksi sosial kategori rendah dengan nilai FB(hitung) yang diperoleh sebesar 54,19, sedangkan nilai Ftabel untuk taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 4,01, 3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan pembelajaran kooperatif dan kemampuan interaksi sosial ditinjau dari hasil belajar siswa dengan nilai FAB(hitung) yang diperoleh sebesar 1,14, sedangkan nilai Ftabel untuk taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 4,01, dan 4) Selanjutnya presentase rata-rata hasil angket respon pembelajaran kooperatif tipe NHT sebesar 80,99% termasuk dalam kategori baik, sedangkan pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 80,77% termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TPS, Kemampuan Interaksi Sosial, Hasil Belajar Siswa.

    Abstraction

    This study aims to: 1) discover the differences in learning outcomes between students with cooperative learning NHT type and students with TPS type cooperative learning. 2) discover the differences in student learning outcomes with the ability of social interaction in high categories and students with the ability of social interaction in low categories. 3) discover the interaction between the use of cooperative learning and the ability of social interaction in terms of student learning outcomes, and 4) discover student responses to learning by using cooperative learning, NHT and TPS type. This research is a quantitative study using a 2 x 2 factorial design with a two-way Variant Analysis (ANOVA) technique. This research was conducted in X class of TKI SMKN 1 Labang which amounted to 88 students. Sampling uses the Non-Probability Sampling technique with a saturated sampling method. Data collection techniques are used are tests, observations, questionnaire, and documentation. Based on the results of hypothesis testing in this study, it was concluded that: 1) There are significant differences in learning outcomes between students with cooperative learning NHT type and students with cooperative learning TPS type with FA(Count) values obtained at 7.42, while the value of Ftable for a significant level of 0.05 was obtained at 4.01. 2) There are significant differences in learning outcomes between students with high social interaction ability and students with low social interaction ability with FB(count) values obtained at 54.19, while Ftable values for 0.05 significant level obtained at 4,01, 3) There is no interaction between the use of cooperative learning and the ability of social interaction in terms of student learning outcomes with the FAB(count) value obtained at 1.14, while the Ftable value for a significant level of 0.05 is obtained at 4.01, and 4) Furthermore, the average percentage of the NHT type cooperative learning questionnaire responses gets 80.99% is included in the good category, while the cooperative learning type TPS gets 80.77% is included in the good category. Keywords: Cooperative Learning NHT and TPS Type Approach, Social Interaction Ability, Student Learning Outcomes.

Detail Jurnal