Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Kamal
    Penulis : Ruri Restia Anwar
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Kamal; 2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences di SMK Negeri 1 Kamal dan 3) mengetahui respon siswa SMK Negeri 1 Kamal terhadap pembelajaran berbasis multiple intelligences. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh yaitu pada kelas X RPL yang berjumlah dari 54 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pretest-posttest, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji signifikan (uji-t) diperoleh nilai thitung sebesar 2,973 > ttabel sebesar 2,064. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis multiple intelligences berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi aktivias guru pertemuan 1 sebesar 83,15% dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan 2 sebesar 82,1% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa sebesar 79,6% dengan kategori baik, dan angket respon diperoleh hasil 91,9% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: multiple intelligences, hasil belajar, Komputer dan Jaringan Dasar

    Abstraction

    The objective of this study are : 1) to know the effect of multiple intelligences based learning on students learning outcomes in computer and basic network at SMK Negeri 1 Kamal ; 2) to determine the feasibilty of multiple intelligences based learning on students learning outcomes in computer and basic network at SMK Negeri 1 Kamal and 3) to find out the students responses on the use of multiple intelligences based learning in computer and basic network. This study is quantitative research that uses Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design as research design. Sampling in this study uses nonprobability sampling technique with type of saturated sample. The instruments that used are pretest-postest learning outcomes test, teacher and student activity observation sheet, and student response questionnaire. Based on the result of significant test (t-test) it is obtained the value of tcount is 2,973 > ttable is 2,064. thus, it can be concluded that multiple intelligences based learning has an effect on students learning outcomes in computer and basic network subject at SMK Negeri 1 Kamal. This is reinforced by the result of teacher activity observation at meetings 1 that is 83,15% with very good category, and at meetings 2 that is 82,1% with very good category, student activity that is 79,6% with good category, and responses questionnaire that is 77.50% with good category. Keyword: multiple intelligences, learning outcomes, computer and basic network.

Detail Jurnal