Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 1 Blega
    Penulis : Kutsiyah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan; 2) untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran resource based learning terhadap mata pelajaran administrasi sistem jaringan; dan 3) untuk mengetahui angket respon siswa selama pembelajaran resource based learning pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pretest-posttest, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji siginifikan (uji-t) diperoleh nilai t_hitung = 3,354 > t_tabel = 2,093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran resource based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMKN 1 Blega. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan rata-rata 94% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa 81,4% dengan kategori sangat baik, dan angket respon diperoleh hasil 85,3% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: resource based learning, hasil belajar, administrasi sistem jaringan

    Abstraction

    The objective of this study are: 1) to determine the effect of resource based learning learning models on the learning outcomes of class XI TKJ students on network system administration subjects; 2) to find out the feasibility of resource based learning learning models for network system administration subjects; and 3) to find out student response questionnaires during resource based learning in network system administration subjects. This study is quantitative research that uses Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design as research design. Sampling in this study uses nonprobability sampling technique with type of saturated sample. The instruments that used are pretest-posttest learning outcomes test, teacher and student activity observation sheet, and student response questionnaire. Based on the result of significant test (t-test) it is obtained the value of t_count = 3,354 > t_table = 2,093, thus, it can be conculed that resource based learning models has an effect on students learning outcomes in XI class on Network System Administration subjects in Vocational High School 1 Blega. This is reinforced by the results of teacher activity observation that is 94% with very good category, student activity that is 81,4 % with good category, and responses questionnaire that is 85,3% with good category. Keyword: resource based learning, learning outcomes, network system administration

Detail Jurnal