Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR KELAS X PADA MATA PELAJARAN SIMDIG
    Penulis : Ana fadzila putri
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S. Si., M. Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda ramansyah, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessmen, Satisfaction) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa serta keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran ARIAS pada materi pembuatan dokumen praproduksi video di kelas X SMK Agung Mulia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu kelas X SMK Agung Mulia sebanyak 25 siswa. Berdasarkan uji statistik hasil belajar siswa pada penelitian ini, diperoleh , maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada materi pembuatan dokumen praproduksi video. Sedangkan berdasarkan uji statistik angket motivasi belajar siswa diperoleh , maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa pada materi pembuatan dokumen praproduksi video. Pada penelitian ini juga terdapat hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan rata-rata 86% pada kedua pertemuan dengan kategori sangat baik dan hasil observasi aktivitas siswa yang mendapatkan rata-rata 87,5% pada kedua pertemuan dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: ARIAS, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Dokumen Pra Produksi Video.

    Abstraction

    Based on the data values ??of class X SMK Agung Mulia students obtained data that reached KKM is 48%. So that these problems can be solved by applying the ARIAS learning model. The study aims to determine the effect of the ARIAS learning model (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) on learning outcomes and student motivation and the implementation of learning ARIAS learning models in the material for making video preproduction documents in class X of SMK Mulia Mulia. This research is a non-equivalent control group design, this research takes saturated samples. Based on statistical tests of students' learning achievement,calculated = 2.89131> ttable = 2.0687 means Ha is accepted. Based on statistical test of motivational questionnaire of students,calculated = 2,24471> ttable = 2,0687 means Ha is accepted. It means there is a significant influence on the model of implementation to students' learning achievement on the material. This research also found observational results of 86% on second meeting teacher's activities with average score, categorized very well. Meanwhile, averagely scored an observational result of students' activity with 87.5% on second meeting, categorized well. So that it can be a significant influence of ARIAS learning method to students' learning achievement and motivation  Keywords: ARIAS Learning Model, Learning Achievement, Learning Motivation, Document Pre-Production Video

Detail Jurnal