Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Pelaksanaan Prakerin Program Teknik Komputer dan Jaringan di SMKS Al Hikam Burneh Bangkalan.
    Penulis : Astiyah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T
    Abstraksi

    ABSTRAK Praktik kerja industri atau prakerin adalah praktik kerja di dunia industri atau perusahaan sebagai bagian kurikulum pendidikan kejuruan untuk meningkatkan kompetensi. SMKS Al Hikam merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Bangkalan yang melaksanakan prakerin. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pelaksanaan prakerin. 2). Mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan prakerin 3). Mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam melaksanakan prakerin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui lembar angket, lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1). Pelaksanaan prakerin guru pembimbing menyiapkan perencanaan dengan membuat buku panduan, mendatangkan wali murid untuk koordinasi pelaksanaan prakerin, pembekalan siswa prakerin, memonitoring siswa prakerin 2). Kesulitan siswa prakerin yaitu tidak mengerti materi produktif, membuat kabel jaringan, bongkar pasang perangkat keras, kedisipinan siswa yang rendah 3). Penyebab kesulitannya karena siswa tidak telalu paham yang disampaikan oleh pembimbing , kurang praktik dan latihan waktu di sekolah, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya prakerin bagi siswa Kejuruan/SMK. Kata Kunci: Praktik Kerja Industri (Prakerin). Komputer dan Jaringan.

    Abstraction

    ABSTRACT Industrial work practices or apprenticeship are work practices in industry or companies as part of vocational education curriculum to improve competence. Al Hikam vocational School is one of the vocational high schools in Bangkalan which implements apprenticeship. This research aims to: 1) find out the implementation of internship 2) find out difficulties faced by the students, and 3) find out causes of the difficulties. This descriptive qualitative research gathers the data from questionnaire, observation sheet, documentation, and interview. The findings are: 1) during internship, the advisors prepared plans by creating manual book, coordinate with the students’ parents about the internship, giving preparation for the students, and monitoring the students during internship; 2) the students had difficulties to understand productive materials such as creating network cables, assembling hardware, and students low disciplinary; 3) lacking of understanding during explanation of the advisors, having low practices and training at school, and having low awareness of the importance of internship are the causal factors of the difficulties. Keywords: Internship. Computers and networks

Detail Jurnal