Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
    Penulis : Rafaurrafik
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya yang ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif pada siswa kelas X TKJ SMK Agung Mulia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai pengambilan sampel. Analisis data terdiri dari Reduksi data, Penyajian Data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pesiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), tes pemecahan masalah dan wawancara. Sehingga diperoleh 4 sampel penelitian yang terdiri dari 2 siswa reflektif dan 2 siswa impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu mencapai seluruh indikator pemecahan masalah berdasarkan Polya yaitu memahami masalah, membuat rancangan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. 2) siswa dengan gaya kognitif impulsif cenderung mampu mencapai 3 indikator pemecahan masalah berdasarkan Polya yaitu memahami masalah, membuat rancangan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Kata Kunci: Gaya Kognitif, Impulsif, Reflektif, Pemecahan Masalah.

    Abstraction

    ABSTRACT This objectives of this study is to analiyze students ability to solve problem solving basen on Polya steps in terms of cognitive style cognitive style type of reflective-impulsive in class X TKJ SMK Agung Mulia. This type of research is descriptive qualitative by using techniques purposive sampling as sampling. Data analysis consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. While for the research procedure consists of three stages, namely the preparation stage, the implementation phase, and the final step. The data collection technique uses MFFT (Matching Familiar Figures Test), problem solving tests and interviews. So that 4 samples were obtained consiting of 2 reflective students and 2 impulsive students. The results showed that: 1) student with s reflective cognitive style are able to measure all indicators of problem solving based on Polya’s steps, that is understand the probelm, divising a plan, carrying out the plan, and looking back. 2) student with impulsive cognitive style tend to be able to reach 3 indicators of problem solving based on Polya’s steps, that is understand the probelm, divising a plan, and looking back. Keywords: Cognitive Style, Impulsive, Reflective, Solution to Problem.

Detail Jurnal