Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X RPL SMK N 2 BANGKALANPenulis : Zuhrisa Itaul MaghfirohDosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Abstrak Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa; 2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran sistem komputer kelas X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan; dan 3) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran sistem komputer kelas X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan media e-learning edmodo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh yaitupada kelas X RPL yang berjumlah dari 43 siswa. Hasil dari penelitian ini:1) Berdasarkan hasil uji signifikan (uji-t) diperoleh nilai thitung sebesar 2,8698> ttabel sebesar 2,1009. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi struktur CPU. 2)Hasil observasi aktivias guru sebesar 88,5% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa sebesar 71,5% dengan kategori baik, dan 3) angket respon diperoleh hasil 81,42% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: model pembelajaran blended learning, hasil belajar, sistem komputer
AbstractionAbstract The purpose of this study is: 1) to determine the effect of learning model of blended learning on student learning outcomes; 2) to know the implementation of learning model of blended learning on the subjects of computer system in class X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan; 3) knowing students’ responses learning model of blended learning on the subjects of computer system in class X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan. This research used edmodo media e-learning. This research is a quantitative research using Quasi Experimental Design with the research design of Nonequivalent Control Group Design. Sampling in this study using nonprobability sampling technique with the type of saturated sample that is in class X RPL which amounted to 43 students. The result of this study ;1) Based on significance test results (t-test) obtained tcount value 2,8698>t-table 2,1009. Its can be concluded that there is influence of learning model on students cognitive learning in the CPU structure material. 2) Observation result teacher activity is 88,5 % with very good category, students activity is 71,5 % in good category and 3) The questionnaire response obtained 81,42 % with good category. Keywords: learning model of blended learning, Learning Outcomes, Computer System