Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pemrograman Dasar Ditinjau dari KepribadianPenulis : Nila Lutfiana DeviDosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dengan menggunakan indikator berpikir kritis milik Ennis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun kemampuan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut, strategi dan taktik dalam pemecahan masalah pemrograman dasar yang ditinjau dari tipe kepribadian. Jenis penelitian ini adaah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang diguakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diperoleh 8 subjek yang diambil dari kelas X TKJ SMK Al-Muhajirin Arosbaya dengan kategori tipe kepribadian guardian, artisans, rational, dan idealist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan tipe kepribadian guardian dapat mencapai indikator memberikan penjelasan sederhana dan membangun kemampuan dasar; 2) siswa dengan tipe kepribadian artisans dapat mencapai indikator memberikan penjelasan sederhana dan membangun kemampuan dasar; 3) siswa dengan tipe kepribadian rational dapat mencapai indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun kemampuan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut, strategi dan taktik; 4) siswa dengan tipe kepribadian idealist dapat mencapai indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun kemampuan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut. Kata Kunci : Proses Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Pemrograman Dasar, Tipe Kepribadian.
AbstractionThe objectives of this study is to describe the profile of students critical thinking by using Ennis's critical thinking indicators, that provide simple explanations, building basic abilities, conclude, make further explanations, strategies and tactics in solving basic programming problems in terms of personality types. This type of research is descriptive qualitative using purposive sampling technique. The data analysis that used in this research are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Obtaining 8 subjects taken from class X TKJ Vocational School Al-Muhajirin Arosbaya with categories of personality types guardian, artisans, rational, and idealist. The results of the study show that: 1) students with guardian personality types can achieve indicators that is providing simple explanations and building basic abilities; 2) students with an artist type personality can achieve indicators that is providing simple explanations and building basic abilities; 3) students with rational personality types can achieve indicators that is providing simple explanations, building basic abilities, concluding, making further explanations, strategies and tactics; 4) students with idealist personality types can achieve indicators that is giving simple explanations, building basic abilities, concluding, making further explanations. Keywords: Critical Thinking Process, Basic Programming Problem Solving, Personality Type.