Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER KELAS XI TKJ (Penelitian di SMK Negeri 1 Kwanyar)Penulis : AMINATUS SULICHAHDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Administrasi Server kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Kwanyar. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang perencanaan, pelaksanaan, evlauasi, hambatan, dan pendukung.Pengertian Karakter adalah watak, sifat, atau hal-hal yang memang sangat mendasar yang ada pada diri seseorang. Untuk pengertian pendidikan karakter merupakan proses kegiatan yang dilakukan dengan segala daya secara sadar dan terencana untuk mengarahkan peserta didik agar mampu mengatasi diri melalui kebebasan dan penalaran serta mengembangkan segala potensi. Penelitian ini merupakan jenis penilitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang bermaksud mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan pelaksanaan pendidikan karakter mengenai perencanaan, pelaksanaan pendidikan karakter, bentuk evaluasi dari pelaksanaan tersebut serta faktor pendukung dan penghambat. Bentuk perencanaan nya adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam perangkat pembelajaran.Untuk pelaksanaan nya yaitu pada kegiatan pembelajaran dan pembiasaan yang dilakukan setiap memasuki halaman sekolah. Sedangkan bentuk evaluasi dilakukan setiap minggu. Hambatan yang dialami kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dan untuk pendukung nya yaitu adanya pengurus Osis yang menginspirasi. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa SMK Negeri 1 Kwanyar telah melaksanakan pendidikan karakter dengan baik. Karakter yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kwanyar yaitu karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif. Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Peserta Didik TKJ, Mata Pelajaran Administrasi Server
AbstractionABSTRACT This research analyzes character education implementation for students on Server Administration lesson for eleventh graders of Public VHS 1 Kwanyar Networking – Computer Technique major. It was done to find out its plan, implementation, evaluation, hindrance, and supports. Character means personality, attitude, or very basic matters of an individual. Character education means activity process done by any means consciously and well planned to direct the students to be capable of managing themselves through their freedom and reasoning as well as to develop any potency. This descriptive qualitative research describes, elaborates, and explains the implementation of character education dealing with its plan, implementation, evaluation, and supportive and hindering factors. The plan was done by integrating character values into learning instruments. The implementation was on daily learning and habituation at school. Meanwhile, the evaluation was done weekly. The hindrances were students’ low awareness. Meanwhile, the supportive factor was inspiring OSIS functionaries. It is concluded that the students had implemented character educations properly. The promoted characters at the school were religious, honest, discipline, responsible, care, polite, responsive, and proactive. Keywords:Character Education, NCT students, Server Administration Lesson