Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 10 DI SMK AL-KHOIRIYAH JATI
    Penulis : Nisa'uz Zuhdiyah
    Dosen Pembimbing I : Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respons siswa terhadap model pembelajaran quantum learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design di SMK Al-Khoiriyah Jati. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 10. Pengambilan sampel diperoleh dengan teknik penelitian purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 RPL 1 sebagai kelas eskperimen dan kelas 10 TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar, angket respons siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka diperoleh hasil: (1) Model pembelajaran quantum learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran model quantum learning sebesar 93,5% dengan kriteria sangat baik, (2) Nilai rata-rata respons siswa terhada model pembelajaran quantum learning adalah sebesar 79,3 % dengan kriteria baik. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Quantum Learning, Respon Siswa.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect on students' cognitive learning outcomes, the implementation of learning and student responses to the quantum learning model. This study uses a type of quasi-experimental research type non-equivalent control group design at SMK Al-Khoiriyah Jati. The population used was all 10th grade students. Sampling was obtained by purposive sampling research technique. The sample in this study were 10th grade students of RPL 1 as the experimental class and TKJ 3 as the control class. The research instruments used were the learning outcomes test, the student response questionnaire and the learning implementation observation sheet. Based on the research that has been carried out, the results are obtained: (1) The quantum learning model has an influence in improving cognitive learning outcomes The average implementation of the quantum learning model is 93.5% with very good criteria, (2) Average response value students in the quantum learning model were 79.3% with good criteria. Keywords: Cognitive Learning Outcomes, Quantum Learning Model, Student Responses.

Detail Jurnal