Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 2 BANGKALANPenulis : Ahmad NazriDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.T.Abstraksi
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ; 2) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran reciprocal teaching pada kelas X TKJ; dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap pelaksanaan model reciprocal teaching pada mata pelajaran pelajaran komputer dan jaringan dasar di Kelas X TKJ. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pretest-posttest, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji signifikan (uji-t) diperoleh nilai thitung sebesar 3,37995 > ttabel sebesar 2,07387. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi aktivias guru yang mendapatkan rata-rata nilai 81.5% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa sebesar 79.6 % dengan kategori baik, dan angket respon diperoleh hasil 77.50% dengan kategori baik. Kata kunci: reciprocal teaching, hasil belajar, komputer dan jaringan dasar
AbstractionThe objective of this study are : 1) to know the effect of reciprocal teaching model on students learning outcomes in computer and basic network subject of class X TKJ; 2) to determine the feasibilty of reciprocal teaching model on students learning outcomes in computer and basic network subject of class X TKJ; 3) to find out the students responses on the use of reciprocal teaching in computer and basic network subject of class X TKJ. This study is quantitative research that uses Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design as research design. Sampling in this study uses nonprobability sampling technique with type of saturated sample. The instruments that used are pretest-posttest learning outcomes test, teacher and student activity observation sheet, and student response questionnaire. Based on the result of significant test (t-test) it is obtained the value of tcount is 3,37995 > ttable is 2,07387. thus, it can be concluded that reciprocal teaching model has an effect on students learning outcomes in computer and basic network subject of class X TKJ. This is reinforced by the result of teacher activity observation that is 81.5% with very good category, student activity that is 79.6 % with good category, and responses questionnaire that is 77.50% with good category. Keywords: reciprocal teaching, learning outcomes, computer and basic network