Detail Karya Ilmiah

  • PROFIL BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ
    Penulis : Zaqiyah
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih., S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif.,S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu modal yang harus dimiliki oleh siswa sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan pada masa sekarang ini sehingga akan terus mendorong dalam menyelesaikan masalahnya. Akan tetapi di SMKN 1 Arosbaya banyak siswa yang masih kurang termotivasi dalam pembelajaran, hal ini dapat menyebabkan kurangnya kemampuan dalam memecahkan masalah yang komplek dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikirnya. Hasil pembelajaran yang dilakukan siswa sering kali masih kurang maksimal, hal ini terlihat ketika guru masih sering memberikan ujian remidi untuk siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa dengan menggunakan indikator FRISCO (Focus, Reason, Infrence, Situation, Clarity, Overview) yang di tunjau dari motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Arosbaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan data menggunakan angket motivasi M.Jhon Keller, tes tulis dan tes wawancara berdasarkan indikator FRISCO. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa yang memiliki: 1) motivasi belajar sangat kuat, 2) siswa dengan motivasi belajar kuat, 3) siswa dengan motivasi belajar cukup kuat, 4) siswa dengan motivasi belajar kurang kuat,5) siswa dengan motivasi belajar sangat kurang kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan motivasi belajar sangat kuat cenderung mampu mencapai semua indikator FRISCO; 2) siswa dengan motivasi belajar kuat cenderung mampu mencapai 3 indikator yaitu Focus, Situation, Overview; 3) siswa dengan motivasi belajar cukup kuat cenderung mampu mencapai empat indikator yaitu Focus, Infrence, Situation, Overview; 4) siswa dengan motivasi belajar kurang kuat cenderung mampu mecapai dua indikator yaitu Focus, Overview; dan 5) siswa dengan motivasi belajar sangat kurang kuat cenderung mampu mencapai indikator Focus, Overview. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Berpikir Kritis FRISCO. Pemrograman Dasar Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Berpikir Kritis FRISCO. Pemrograman Dasar

    Abstraction

    ABSTRACT Critical thinking skill is important ability that students must have in order to deal with the ever-changing development of time and problem. However in SMKN 1 Arosbaya many of the stundents still less motivated in learning. This can lead to lack of ability to solve complex problem and affecting students thinking skill. The learning outcomes of the students are often still not optimal, this can be seen when teacher still often give remidial exam to students who score below the KKM. Therefore, the objectives of this study is to describe the profile of students critical thinking by using FRISCO, (Focus, Reason, Infrence, Situation, Clarity, Overview) that are reviewed from students' learning motivation in the basic programming subjects of class X TKJ in SMK 1 Arosbaya. This type of research is descriptive qualitative using purposive sampling technique. The data analysis that used in this research are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The data collection technique uses M.Jhon Keller's motivation questionnaire, written test and interview test based on FRISCO indicators. Five samples were obtained for research that are consisting of students with 1) very strong learning motivation, 2) students with strong learning motivation, 3) students with adequate strength in learning motivation, 4) students with less strong learning motivation, 5) students with much less strong learning motivation.. The results showed that: 1) students with very strong learning motivation tend to achieve all Frisco indicators; 2) student with strong learning motivation tend to achieve 3 indicators, that is focus, situation, and overview; 3) students with adequate strength in learning motivation tend to achieve 4 indicators that is focus, infrence, situation, and overview ; 4) students with less strong learning motivation tend to achieve 2 indicators, that is focus and overview; 5) students with much less strong learning motivation tend to achieve the indicator of focus and overview. Keywords: Critical Thinking FRISCO, Motivation for Student Learning, Basic Programming.

Detail Jurnal