Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Algoritma Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK
    Penulis : Siti Astutik
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian merupakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui pemberian angket gaya belajar, tes kemampuan penalaran ,dan wawancara. Soal tes berbentuk cerita uraian materi algoritma. Wawancara dilakukan untuk memverifikasi dan memperluas informasi dari siswa dalam menyelesaikan soal cerita uraian materi algoritma. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Bangkalan kelas X TKJ yang terdiri dari dua siswa yang bergaya visual, dua siswa yang bergaya auditorial, dan dua siswa yang bergaya kinestetik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) Siswa dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kemampuan penalaran dengan baik, dengan memenuhi empat indikator kemampuan penalaran yaitu siswa dapat mengajukan dugaan, menyusun bukti terhadap kebenaran jawaban yang diberikan, menarik kesimpulan dengan baik, dan siswa dapat memeriksa kembali kebenaran jawaban yang diberikan; 2) Siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung melakukan kemampuan penalaran dengan memenuhi dua indikator kemampuan penalaran yaitu siswa dapat menyusun bukti terhadap kebenaran jawaban dan menarik kesimpulan dengan baik. Namun siswa tidak dapat mengajukan dugaan dan memeriksa kembali jawaban yang diberikan; 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung melakukan kemampuan penalaran dengan memenuhi satu indikator yaitu siswa mampu menarik kesimpulan dari pernyataan, namun tidak dapat mengajukan dugaan, tidak menyusun bukti dan tidak memeriksa suatu kesahihan suatu argumen. Kata Kunci : Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik, Penalaran.

    Abstraction

    This research was conducted with the aim of analyzing students' reasoning abilities in terms of visual, auditory, and kinesthetic learning styles. This type of research is descriptive qualitative. Methods of collecting data through the provision of learning style questionnaires, reasoning ability tests, and interviews. Test questions in the form of algorithm material description stories. Interviews were carried out to verify and expand information from students in solving the problem story description of algorithm material. This qualitative descriptive study was carried out at SMK PGRI 1 Bangkalan in class X TKJ which consisted of two students who were in visual style, two students who were in auditory style, and two students who were in kinesthetic style. The results of the research obtained are: 1) Students with visual learning styles tend to do reasoning skills well, by fulfilling four indicators of reasoning ability that students can submit suspicions, compile evidence of the correctness of the answers given, draw conclusions well, and students can check again the truth of the answers given; 2) Students with auditory learning styles tend to do reasoning abilities by fulfilling two indicators of reasoning ability that students can arrange evidence against the truth of the answers and draw conclusions well. But students cannot submit suspicions and re-examine the answers given; 3) Students with kinesthetic learning styles tend to do reasoning abilities by fulfilling an indicator, namely students are able to draw conclusions from statements, but cannot submit suspicions, do not compile evidence and do not examine a validity of an argument. Keywords: Visual Learning Style, Auditorial, Kinesthetic, Reasoning

Detail Jurnal