Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI LAMONGANPenulis : Defi Silfiyah RisdayantiDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X di Lamongan; 2) Aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental jenis penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang berarti semua anggota populasi digunakan sebagai sempel. Penelitian ini menggunakan dua kelas dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah X Multimedia sedangkan kelas Kontrol adalah X TKJ. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Hasil dari perhitungan yaitu 1) menggunakan uji signifikansi di peroleh t_hitungsebesar 2,200 dan t_tabel sebesar 2,0796. Sehingga dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha di terima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated reading And Composition) terhadap hasil belajar siswa; 2) Aktivitas guru pada dua kali pertemuan sebesar 86,5% dengan katagori baik dan aktivitas siswa pada dua kali pertemuan sebesar 81% dengan katagori baik. Kata-Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Hasil Belajar
AbstractionThe purpose of this research is 1) Determine the Effect of Cooperative Learning Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Against the Vocational Learning Outcomes Lesson In Graphic Design Basics Class X in Lamongan; 2) Activities of teachers and students in the implementation of learning activities. The research was conducted in the second semester of the academic year 2018/2019. This research is a quantitative study using Quasi-Experimental design types of research using Nonequivalent Control Group Design. In this study, using a sample of saturated which means all members of the population used as a sample of. This study uses two classes and are divided into an experimental class and control class. Experimental class is a class X Multimedia whereas control is X TKJ. The instrument used was a test of learning outcomes in the form of pretest and posttest, as well as the observation sheet activities of teachers and students. Learning outcomes were analyzed using statistical tests. Results of the calculations are 1) using a significance test was t_count equal to 2,200 and t_table equal to 2,796.. So it can be stated that Ho refused and Ha accepted, meaning that there is the influence of cooperative learning model type CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) on student learning outcomes; 2) Activities of teachers at two meetings of 86.5% to the category of good and activity of students in the two meetings by 81% with good category Key Words : Cooperative Learning Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Learning Outcomes