Detail Karya Ilmiah

  • IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS MATERI MENERAPKAN PEMBUATAN DESAIN BERBASIS GAMBAR VEKTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 LAMONGAN
    Penulis : Abdul Khalim
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Latar belakang pada penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa yang berbeda-beda antar siswa pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI Multimedia pada materi menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi pembuatan gambar berbasis vektor. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen lembat tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa subyek S1, S2, S3, S4 memiliki kemampuan berfikir kreatif tingkat 1 karena hanya memenuhi indikator kefasihan. Sedangkan subyek S5 dan S6 memiliki kemampuan berfikir kreatif tingkat 3 karena mampu memenuhi indikator kefasihan dan indikator fleksibilitas. Dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor adalah dengan memberikan motivasi dan perhatian lebih kepada siswa yang kemampuan kreativitasnya masih kurang. Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Berpikir Kreatif, , Desain Grafis.

    Abstraction

    ABSTRACT The background in this research is the ability of students' creative thinking that varies between students in the learning process. The purpose of this study was to determine the creative thinking skills of students of class XI Multimedia on the material to apply vector-based design making at SMK Muhammadiyah 1 Lamongan and the efforts made by the teacher to improve students' creative thinking abilities on vector-based drawing material. This study uses purposive sampling with a descriptive qualitative research method using a soft instrument to test students' creative thinking abilities and and interviews. The results of the study show that subjects S1, S2, S3, S4 have the ability to think creatively at level 1 because they only meet fluency indicators. Whereas subjects S5 and S6 have level 3 creative thinking skills because they are able to meet fluency and flexibility indicators. And the efforts made by teachers to improve students' creative thinking abilities on the material to apply vector-based design making is by giving more motivation and attention to students whose creativity ability is still lacking. Key Words: Learning Outcomes, Creative Thinking, Graphic Design.

Detail Jurnal