Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS BERPIKIRREFLEKTIF BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT PADA MATERI SISTEM BILANGANPenulis : Rika MaulidaDosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd, M.PdDosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis berpikir reflektif siswa berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent pada materi sistem bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Proppo yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field independent.Instrumen yang digunakan adalah tes gaya kognitif, dan soal tes berpikir reflektif tentang sistem bilangan dan dilanjutkan dengan wawancara hasil tes yang telah diberikan oleh peneliti. Data yang terkumpul direduksi, disajikan dan diverifikasi dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung melakukan berpikir reflektif dengan kurang sempurna dengan menunjukkan beberapa indikator saja yaitu siswa hanya mampu memahami masalah (Reaction). Namun, siswa belum mampu menyusun rencana (Elaboration), melaksanakan rencana, membuat kesimpulan dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh (Contemplating). Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent cenderung melakukan berpikir reflektif dengan sempurna dengan menunjukkan semua indikator yaitu siswa mampu memahami masalah (Reaction), mampu menyusun rencana (Elaboration), dapat membuat kesimpulan dengan tepat dan juga memeriksa kembali jawaban yang diperoleh (Contemplating). Kata kunci : Field Dependent, Field Independent, Berpikir Reflektif.
AbstractionThis study aims to describe the analysis of students' reflective thinking based on the cognitive style of field dependent and independent fields in the material of the number system. This research use desciptive qualitative approach. The technique used is purposive sampling technique. The subjects of this study were students of class X RPL of State Vocational School 1 Proppo which were 2 students with cognitive field dependent and 2 students with cognitive field independent. The instruments used were cognitive style tests, and reflective thinking test questions about the number system and continued with results interviews the test that has been given by the researcher. The collected data is reduced, presented and verified by triangulation techniques and sources. The results of this study indicate that students with a field dependent cognitive style tend to do reflective thinking imperfectly by showing only a few indicators, namely students are only able to understand the problem (reaction). However, students have not been able to plan (Elaboration), implement plans, draw conclusions and re-examine the results obtained (Contemplating). While students with independent field cognitive style tend to do reflective thinking perfectly by showing all indicators, namely students are able to understand the problem (reaction), able to plan (Elaboration), can draw conclusions correctly and also check the answers obtained (Contemplating). Keywords : Field Dependent, Independent Field, Reflective Thinking.