Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI BANGKALAN
    Penulis : Ach. Farisi
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T.
    Abstraksi

    Penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di Bangkalan” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April 2019 di SMK Al Al-Asy’ari Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Sampel penelitian ini adalah kelas X yang dibagi menjadi dua kelas yakni kelas X kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar dan mengunakan angket minat siswa. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan statistik uji “t” dalam regresi linier. Berdasarkan perhitungan hasil belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 10,491 ternyata lebih besar dari t tabel sebesar 2,120 pada taraf signifikan = 0.05. Sehingga hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada t minat belajar siswa menghasilkan t hitung sebesar 7,725 ternyata lebih besar dari t tabel sebesar 2,120 pada taraf signifikan = 0.05. Sehingga hipotesis alternative (Ha) menyatakan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap minat belajar siswa. Kata kunci : pengaruh, pendekatan saintifik, minat belajar siswa, hasil belajar siswa.

    Abstraction

    The research entitled "The Effect of Scientific Approach to Learning Outcomes and Interest in Student Learning in Basic Graphic Design Subjects in Bangkalan" aims to determine the effect of scientific learning approaches on learning outcomes and student learning interests. This research was conducted in April 2019 at Al Al- Asy'ari Vocational School in Bangkalan. The research method used is Quasi Experimental. The sample of this study was class X which was divided into two classes namely class X experimental group and control group. The instrument used in this study is a test of learning outcomes and using student interest questionnaires. The research hypothesis was tested using "t" test statistics in linear regression. Based on the calculation of learning outcomes obtained t count value of 10.491 turned out to be greater than t table of 2.120 at a significance level = 0.05. So that the alternative hypothesis (Ha) states that there is an influence of the scientific learning approach on student learning outcomes. Whereas in student learning interest t produces t count of 7.725 it turns out to be greater than t table of 2.120 at a significance level = 0.05. So that the alternative hypothesis (Ha) states that there is an influence of the scientific learning approach on student learning interest. Keywords: influence, scientific approach, student learning interest, student learning outcomes.

Detail Jurnal