Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 AROSBAYA
    Penulis : Pingky Yunitasari
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effindi, S.Kom., M.T.
    Abstraksi

    ABSTRAK Sistem komputer merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang lebih mengedepankan siswa untuk berfikir secara logis, kritis, dan kreatif dalam mengatasi permasalahan yang diberikan. Akan tetapi, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi sistem komputer yang dijelaskan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat membuat efektif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Arosbaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data sampel menggunakan teknik Nonprobablity Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan sebesar 68% dan hasil perhitungan uji signifikan yaitu thitung dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 2,199 dan ttabel sebesar 2,056, maka didapat thitung > ttabel yaitu 2,199>2,056, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer, 2) aktivitas guru selama 2 pertemuan memperoleh presentase sebesar 86,1% dengan kategori baik, 3) aktivitas siswa selama 2 pertemuan memperoleh presentase sebesar 79,3% dengan kategori baik, dan 4) respon siswa diperoleh presentase sebesar 78% dengan kategori kuat. Peningkatan hasil belajar sisiwa kelas eksperimen pretest dan posttest melalui uji gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dari empat indikator sudah terlaksana dengan baik sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Treffinger “efektif” pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Arosbaya. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Treffinger, Sistem Komputer.

    Abstraction

    ABSTRACT Computer systems are subjects that learn about an electronic network consisting of software and hardware that prioritizes students to think logically, critically, and creatively in overcoming the problems given. However, many students find it difficult to understand the material of a computer system described. Therefore, a learning model is needed that can make it effective in the learning process on computer system subjects. This study aims to determine the effectiveness of the application of the Treffinger learning model on computer system subjects at Senior High School of 1 Arosbaya. This research is a kind of quantitative research using Quasi Experimental Design with the research design of Nonequivalent Control Group Design. Taking sample data using Nonprobablity Sampling technique with Saturated Sampling type. Based on the results of the study, it was obtained: 1) student learning outcomes showed completeness of 68% and the results of significant test calculations namely tcount from the experimental class pretest and posttest of 2.199 and ttable of 2.056, then tcount> ttable was 2.199> 2.056, so Ho was rejected and Ha is accepted. So, there is a significant influence before learning and after learning with the application of Treffinger learning model on student learning outcomes on computer system subjects, 2) teacher activities for 2 meetings get a percentage of 86.1% with good categories, 3) student activities for 2 the meeting obtained a percentage of 79.3% with good categories, and 4) student responses obtained a percentage of 78% with a strong category. Increased learning outcomes of students in the experimental class pretest and posttest through a gain test of 0.68 with the moderate category. So, it can be concluded that of the four indicators that have been implemented well so that it can be said that the Treffinger learning model is "effective" on computer system subjects at Senior High School of 1 Arosbaya. Keywords: Effectiveness, Treffinger Learning Model, Computer Systems.

Detail Jurnal