Detail Karya Ilmiah
-
PROFIL KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS SISWA DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENCE (FD) DAN FIELD INDEPENDENCE (FI)Penulis : Khoriatul MachmudahDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Masalah pada penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa masih tergolong rendah sehingga dalam pembelajaran siswa kurang memahami materi yang sedang dan yang telah dipelajari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ yang memiliki gaya kognitif Field Dependence (FD) dan Field Independence (FI) pada materi Sistem Bilangan di SMKN 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen GEFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa dan indikator kemampuan berpikir kritis Facione berupa tes tulis essay dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori gaya kognitif Field Dependence (FD) cenderung mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis facione dengan sempurna karena dapat memenuhi indikator evaluasi dan eksplanasi. siswa dengan kategori Field Independence (FI) kemampuan berpikir kritis sudah mampu memenuhi enam indikator kritis facione dengan sempurna yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inference, eksplanasi dan self-regulation. Kata Kunci :Berpikir Kritis Facione, Field Dependence (FD) , Field Independence (FI), Sistem Bilangan
AbstractionThe problem in this study is that the critical thinking skills possessed by students are still relatively low so that in learning students do not understand the material that is being and has been learned. The purpose of this study was to determine the critical thinking skills of TKJ class X students who had the cognitive style of Field Dependence (FD) and Field Independence (FI) in the material of the Number System in Bangkalan 3 Vocational High School. This study used purposive sampling with a qualitative descriptive research method using GEFT instruments to determine students' cognitive styles and indicators of Facione's critical thinking skills in the form of essay writing tests and interviews. The results of the study show that the students in the cognitive style category Field Dependence (FD) tend to be able to fulfill the indicators of facione's critical thinking ability because they can fulfill evaluation and explanation indicators. students with the Field Independence (FI) category of critical thinking skills have been able to perfectly fulfill the six critical facione indicators, namely interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation and self-regulation. . Keywords: Facione Critical Thinking, Field Dependence (FD), Field Independence (FI), Number System.