Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 LABANG
    Penulis : Nafidatur Rosyidah
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.T., MT
    Abstraksi

    Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri Labang. Penelitian ini merupakan penelitian Nonequivalent Group Design dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data sampel menggunakan teknik Nonprobablity Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 75.83% termasuk kategori sangat baik dan kelompok kontrol sebesar 49.82% dan uji-t diperoleh hasil thitung 6.069 > ttabel 2.048 dengan taraf signifikan ? 0.05. (2) Keterlaksanaan guru dalam pembelajaran selama 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 91.18% termasuk kategori sangat baik; (3) Aktivitas siswa selama 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 85.68% termasuk kategori sangat baik; (4) Respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 77.53% termasuk kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari empat indikator terlaksana dengan baik sehingga dapat dikatakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture “efektif” pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Labang. Kata kunci : Efektivitas, Kooperatif tipe Picture and Picture, Simulasi Digital

    Abstraction

    This study has a purposeto determine the effectiveness of cooperative learning model type picture and picture on digital simulation subjects atSMK Negeri 1 Labang . This study is aNonequivalent Group Design study using Pretest-Posttest Control Group Design. Taking sample data using Nonprobablity Sampling technique with Saturated Sampling type.Based on the results of the research obtained: (1) Student learning outcomes obtain an average of 75.83% including the excellent category and the control group of 49.82%. In the t-test obtained the results of tcount 9.069> t table 2.048 with a significant level of ? 0.05. (2) The implementation of teachers in learning during the 2 meetings has an average of 91.18% including very good categories; (3) Students' activities during the 2 meetings get an average of 85.68% including very good categories; (4) Students' responses obtain an average of 77.53% including good categories. So it can be concluded that of the four indicators implemented well so that it can be said cooperative learning model type picture and picture "effective" on the subject of digital simulation in SMK Negeri 1 Labang. Keywords: Effectiveness, Cooperative type of Picture and Picture, Digital Simulation.

Detail Jurnal