Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMK
    Penulis : APRILIA INAMA PUTRI
    Dosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :WANDA RAMANSYAH, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penerapan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMK. Motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Kamal tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi array kelas X RPL dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa, mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas X RPL, mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X RPL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar kognitif, dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan aktivitas guru diperoleh rat-rata skor sebesar 86,3% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan aktivitas siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 84,37% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji signifikan (uji-t) diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,474 lebih besar daripada t_tabel sebesar 2,052 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uji signifikan (uji-t) diperoleh nilai t_hitung sebesar 4,879 lebih besar daripada t_tabel sebesar 2,052 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Motivasi Belajar, hasil Belajar.

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of study is to describe the application of the implementation of learning using cooperative learning model make a match on motivation and cognitive learning outcomes of students of class X SMK. Motivation to learn and results of class X student RPL SMK 1 Kamal is low. Therefore, require learning model that can motivate students to improve learning outcomes. The purpose of this study is to determine the enforceability of learning by using cooperative learning model make a match on the material grade X RPL visible array of activities the teacher and student activities, determine the effect of cooperative learning model on motivation to make a match of class X student RPL, determine the effect of cooperative learning model make a match against the cognitive learning class X RPL. This research is quantitative research that uses quasi-experimental design to study design nonequivalent control group design. The instrument in this study uses the observation sheets teacher activity, student activity observation sheet, sheet cognitive achievement test, and the students' learning motivation questionnaire. Based on teacher activity obtained by The mean score of 86.3% which is included in the excellent category. Based on the activity of students obtained an average score of 84.37%, which is included in the excellent category. Based on the significance test (t-test) obtained value t_hitung amounted to 2.474 greater than t_tabel 2,052 by then Ho is rejected and Ha accepted. It can be concluded that there is significant influence on cooperative learning model make a match against cognitive learning outcomes of students. Based on the significance test (t-test) obtained a value of t_hitung 4.879 is greater than t_tabel 2,052 by then Ho is rejected and Ha accepted. It can be concluded that there is significant influence on cooperative learning model make a match of the students' motivation. Keywords : Cooperative Learning Model Make A Match, Motivation, Learning results.

Detail Jurnal