Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS
    Penulis : Tanti Ayu Widyawati
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST.,MT
    Abstraksi

    Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini yaitu siswa cenderung memiliki kepribadian yang berbeda-beda termasuk juga dalam hal berfikir kreatif dari kepribadian masing-masing siswa. ada keterkaitan antara berfikir kreatif dengan kepribadian yang mereka miliki, pada saat dipertanyakan tentang bagaimana cara mereka menyelesaikan soal dan masalah maka tanpa disadari terjadi proses berfikir kreatif mereka didalamnya yang ternyata hal itu ditentukan oleh tipe-tipe kepribadian mereka Kepribadian tersebut sangat mempengaruhi tingat kemampuan berfikir kreatif siswa, karena di dalam kelas siswa tersebut tentu akan diajak untuk bernalar secara kreatif, dan siswa yang lebih banyak diam dan hanya melamun cenderung kurang kreatif dari pada siswa yang aktif untuk bertanya di dalam kelas.guru kurang memahami dalam kepribadian siswa, sehingga siswa kurang diarahkan untuk berpikir kreatif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari Tipe kepribadian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan kepribadian Phlagmetis, Koleris, Sanguinis, dan Melancholis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket,tes tulis dan wawancara. Soal tes berbentuk soal uraian materi desain grafis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) siswa dengan tipe kepribadian Phlagmetis memenuhi indikator kefasihan dan kebaruan atau kefasihan dan fleksibilitas sehingga dapat dikategorikan kedalam tingkat kemampuan berfikir kreatif pada tingkat tiga yaitu kreatif; 2) siswa dengan tipe kepribadian Koleris memenuhi indikator kefasihan dan kebaruan atau kefasihan dan fleksibilitas sehingga dapat dikategorikan kedalam tingkat kemampuan berfikir kreatif pada tingkat tiga yaitu kreatif; 3) siswa dengan tipe kepribadian Sanguinis memenuhi indikator kebaruan atau fleksibilitas sehingga dapat dikategorikan kedalam tingkat kemampuan berfikir kreatif pada tingkat dua yaitu cukup kreatif; 4) siswa dengan tipe kepribadian Melancholis memenuhi indikator kefasihan sehingga dapat dikategorikan kedalam tingkat kemampuan berfikir kreatif pada tingkat satu yaitu hampir tidak kreatif. Kata-kata Kunci: Tipe Kepribadian, Berpikir Kreatif, Desain Grafis.

    Abstraction

    The background contained in this study is that students tend to have different personalities including creative thinking from each student's personality. there is a link between creative thinking and the personality they have, when questioned about how they solve problems and problems, then unconsciously there is a process of their creative thinking that turns out it is determined by their personality types. This personality greatly influences the ability to think creatively students, because in the class these students will certainly be invited to reason creatively, and students who are more silent and daydreaming tend to be less creative than students who are active to ask questions in class. Teachers do not understand in students' personalities, so students are less directed to think creatively in learning. The purpose of this study was to analyze the level of students' creative thinking skills in terms of personality types. The subjects in this study were students with Phlagmetis, Koleris, Sanguinis, and Melancholis personalities. This research uses a qualitative approach with the type of descriptive qualitative research. Data collection techniques through questionnaires, written tests and interviews. The test questions take the form of a description of graphic design material. The results showed that; 1) students with the Phlagmetis personality type meet the indicators of fluency and novelty or fluency and flexibility so that they can be categorized into the level of creative thinking ability at level three namely creative; 2) students with Koleris personality types meet indicators of fluency and novelty or fluency and flexibility so that they can be categorized into the level of creative thinking ability at level three, namely creative; 3) students with Sanguinis personality types meet the indicators of novelty or flexibility so that they can be categorized into the level of creative thinking ability at level two, namely creative enough; 4) students with Melancholis personality type meet the fluency indicators so that they can be categorized into the level of creative thinking ability at level one that is almost not creative. Key Words: Personality type, creative thinking, graphic design.

Detail Jurnal