Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR SISWA KELAS X TKJ DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN GAYAKOGNITIF FIELD DEPENDENT (FD) DI SMKN 1 KAMAL
    Penulis : Wildan Perdana
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Afif Effendi, S.Kom., M.T
    Abstraksi

    Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini yaitu siswa cenderung memiliki gaya belajar yang berbeda-beda termasuk juga dalam hal berkemampuan penalaran dari kepribadian masing-masing siswa. pada saat dipertanyakan tentang bagaimana cara mereka menyelesaikan soal dan masalah maka tanpa disadari terjadi proses penalaran mereka didalamnya yang ternyata hal itu ditentukan oleh Gaya belajar mereka. Gaya belajar tersebut sangat mempengaruhi tingat kemampuan berfikir penalaran siswa. Guru kurang memahami dalam Gaya belajar siswa, sehingga siswa kurang diarahkan untuk bernalar dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Penalaran siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan Gaya belajar Field Independent dan Gaya Belajar Field Dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes gaya belajar, tes penalaran dan wawancara. Soal tes berbentuk soal uraian mata pelajaran pemrograman dasar. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik Purposive Smpling atau dengan pertimbangan beberapa pihak terutamanya pertimbangan guru pengampu mata pelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dua siswa degan Gaya Belajar Field Dipendent cenderung dapat memenuhi indikator mengajukan dugaan dan mengajukan bukti dan Dua siswa dengan Gaya belajar Field independent cenderung dapat memenuhi empat indikator yaitu mengajukan dugaan, menyusun bukti , menarik kesimpulan dari pernyataan dan memeriksa kesahihan suatu argument Kata-kata Kunci : Gaya belajar, Kemampuan Penalaran, pemrograman Dasar.

    Abstraction

    The background of this study is that students tend to have different learning styles including in terms of reasoning abilities of each student's personality. When question about how they solve the questions and problems is asked to them, they unconsciously occur in their reasoning process which turns out to be determined by their learning styles. The learning style greatly influences the thinking ability of students' reasoning thinking. Teachers lack understanding of their student learning styles, so students are less directed to reason in learning. The purpose of this study is to analyze students' reasoning abilities in terms of learning styles. The subjects in this study are students with Field Independent and Field Dependent Learning Styles. This research uses a qualitative approach which specially type is descriptive qualitative research. Data collection techniques through the learning style tests, reasoning and interview tests which the test questions are in the form of questions about basic programming subjects. The technique of subject taking uses the Purposive Smpling technique or with the consideration of several parties especially the consideration of the subject matter teachers. The results of the research show that; Two students with Field Dipendent Learning Styles tend to be able to meet the indicators of presenting allegations and submit evidence and Two students with Field independent learning styles tend to be able to fulfill four indicators namely submitting assumptions, compiling evidence, drawing conclusions from statements and checking the validity of an argument. Keywords: Learning style, Reasoning Ability, Basic programming.

Detail Jurnal