Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X RPL di SMK Negeri 1 Kamal
    Penulis : Rendavita Luwianingtias
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X RPL di SMK Negeri 1 Kamal yang dilihat dari: 1) pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa; 2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas guru dan aktivitas siswa; dan 3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran setelah menggunakan model learning cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh , yaitu pada kelas X RPL yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 76,43 dan posttest kelas kontrol sebesar 69,42. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil thitung = 2,134 > ttabel = 2,056, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima; 2) keterlaksanaan pembelajaran ditinjau aktivitas guru selama dua pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 81% tergolong sangat baik, dan aktivitas siswa dengan rata-rata sebesar 78% tergolong baik; 3) perhitungan angket respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 83% yang tergolong dalam kategori sangat baik.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of 5E learning cycle model on student learning outcomes on computer subjects and the basic network of class X RPL of SMK Negeri 1 Kamal seen from: 1) the influence of the 5E learning cycle model on student learning outcomes; 2) knowing the implementation of learning in terms of teacher activities and student activities; and 3) find out student responses to learning after using the 5E learning cycle model. This research is a quantitative study using Quasi experimental design with the research design of Nonequivalent Control Group Design. The sample used was Saturated Samples, that is in class X RPL which amounted to 54 students consisting of 28 experimental class students and 26 control class students. The instrument used is the learning outcomes test used is a test of learning outcomes in the form of pretest and posttest, teacher activity observation sheet, observation sheet of student activities and student response questionnaires. The results of the study obtained an average of the experimental class posttest learning outcomes of 76.43 and the control class posttest of 69.42. Based on the results of the study, it was obtained: 1) there is a significant effect on the use of the 5E learning cycle model on student learning outcomes as evidenced by the results of tcount = 2.134> t table = 2.056, which means Ho is rejected and Ha is accepted; 2) the implementation of learning is reviewed by the teacher's activities during the two meetings obtaining an average of 81% classified as very good, and the activities of students with an average of 78% are classified as good; 3) calculation of student questionnaire responses obtain an average of 83% which is classified as very good category.

Detail Jurnal