Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
    Penulis : Achmad Robi Andika
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih ,S.Pd., M.P,d
    Abstraksi

    Hasil belajar siswa kelas X TKJ SMKN 1 Kwanyar bangkalan pada materi aritmatika logik unit masih ada nilai siswa yang dibawah KKM. Penyebab hasil belajar siswa pada materi aritmatika logik unitr ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1. Mengetahui keterlaksanaannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari aktivitas guru dan aktivitas siswa 2. Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada materi perakitan komputer kelas X TKJ. Penelitian ini adlah penelitian kuantitatif menggunakan quasi exsperimental design dengan desain penelitian non-equivalent group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probality sampling dengan jenis sampel jenuh. Dimana semua anggota pupolasi dijadikan sampel yaitu kelas X TKJA sebagai kelas eksperimen dan kelas TKJB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa pretest-posttest, serta lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji signifikan (Uji-t) minat belajar siswa diperoleh nilai t_hitung2.395 > t_tabel2.048. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan Berdasarkan hasil uji signifikan (Uji-t) hasil belajar siswa diperoleh nilai t_hitung2.478 > t_tabel2.048. Maka Ha diterima dan Ho ditolak Sehingga dapat disimpulakan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap minat dan hasil belajar siawa. Kata Kunci : Pembelajaran koopertif, TAI (team assisted individualization), minat belajar, hasil belajar siswa.

    Abstraction

    Student learning outcomes in class X TKJ SMK 1 Kwanyar bangkalan on arithmetic logic unit material is relatively low. The cause of student learning outcomes in computer assembly material is because the learning model used is not right. Therefore, researchers use the cooperative learning model type TAI to improve student learning outcomes. The purpose of this research is 1. Knowing the implementation of learning by using the TAI type of cooperative learning model in terms of teacher activities and student activities 2. Knowing the effect of the Numbered Heads Together type of cooperative learning model on student learning outcomes in class X TKJ computer assembly material. This research is a quantitative study using a quasi exsperimental design with a non-equivalent group design research design. Sampling in this study using a probability sampling technique with the type of saturated sample. Where all members of the pupils were sampled, they were class X TKJB as the experimental class and TKJA class as the control class. The instrument used was a test of learning outcomes in the form of pretest-posttest, as well as teacher activity observation sheets and student activity sheets. Based on the significant Intrest in learning (t-test), the value of T_count2.395> T_table2.048 is obtained. Then Ha is accepted and Ho is rejected. and Based on the significant test results (t-test), the value of T_count2.478> T_table2.048 is obtained. Then Ha is accepted and Ho is rejected. So that it can be concluded that there is a significant effect on the type of cooperative learning model TAI on Intrest in learning and student learning outcomes. Keywords: cooperative learning, (TAI)type team assisted individualization, student learning outcomes. Intrest in learning

Detail Jurnal