Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 1 Blega
    Penulis : Akhmad Bustanul Arifin
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru sebagai pendidik dalam proses belajar mengajar masih menggunakan cara konvensional. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media film dokumenter terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Blega. Penerapan media film dokumenter sudah terlaksana dengan melakukan uji coba tes tulis pada siswa dengan mencakup lima aspek. Pertama, aspek Identifikasi. Kedua, aspek deskripsi bagian. Ketiga, aspek penutup. Keempat, aspek organisasi isi. Kelima, aspek struktur bahasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design dengan bentuk desain Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Pengujian validitas menggunakan uji validitas konstruk dan uji realibilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Jika data sudah dinyatakan valid dan reliabel, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas Pretest eksperimen dan kontrol adalah 58,26 dan 51,30, kelas Postest eksperimen dan kontrol yaitu 79,78 dan 56,30. Pengolahan data uji-t dengan syarat bahwa kedua sampel harus berdistribusi normal dan varian bersifat homogen. Hasil uji-t Postest diperoleh dari kelas eksperimen dan kontrol adalah thitung = 11,653 > ttabel = 2,085. Syarat daripada uji-t adalah jika thitung > ttabel maka Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh penggunaan media film dokumenter terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blega. Kata kunci: media, film dokumenter, menulis deskripsi

    Abstraction

    ABSTRACT This research is motivated by the role of teachers as educators in the teaching and learning process still using conventional methods. The purpose of this study was to determine the ability to write description text in class VII SMPN 1 Blega and to determine the influence of documentary film media in writing description text. The aplication of documentary film media has been carried out by conducting written test trials covering five aspects. First, the aspect of identification. Second, aspect of description section. Third, closing aspect. Fourth, content organization aspect. Fifth, aspect of language structure. The type of research is Quasi Experiment Design in the from of Pretest-postest Control Group Design. The technique of collecting data using test, observatoins, and questionnaires. Validity test uses the construct validity test and realibility test using Alpha Croncbanch formula. If all data has been declared valid and reliable, then proceed with a prerequisite test, namely the normality test, homogeneity test, and t-test. Average value which is obtained pretest class exsperiment an control is 58,26 and 51,30, postest class experiment and control is 79,78 and 56,30. T-test data processing provided that both samples must be normally distributed and the variants are homogeneous. The result of the postest t-test obtained from experimental and control classes were tcount = 11,653 > t table = 2,085. The requirement for the t-test is if t count > t table then Ho is rejected. So, there is a significant influence of documentary film media on the ability to write description text in class VII SMPN 1 Blega. Keywords: media, documentary film, writing description text.

Detail Jurnal