Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Media Swafoto Terhadap Kreativitas Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMPN 2 BurnehPenulis : Hijriatul Syafinatun NajahDosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Kreativitas menulis teks cerita fantasi memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan ini, peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif untuk menuangkan ide-ide yang ada di dalam pikirannya dan kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan, peserta didik dapat membuat sebuah cerita fantasi kemudian dituangkannya dalam bentuk tulisan dibantu dengan sebuah media akan membuat peserta didik lebih mudah dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Burneh dan bagaimana pengaruh kreativitas menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Burneh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media swafoto terhadap kreativitas menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Burneh. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan bentuk pretest posttest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Burneh. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu kelas VII D dengan jumlah siswa 21 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII E dengan jumlah siswa 21 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang diperoleh melalui tes unjuk kerja yang dilakukan siswa terdiri dari tiga aspek penilaian dalam menulis teks cerita fantasi. Aspek penilaian tersebut antara lain: kesesuaian unsur, kesesuaian struktur, dan daya fantasi. Masing-masing aspek memiliki kriteria penilaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen t_hitung 12,04103796 > t_tabel 2,09302 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata nilai siswa kelas eksperimen pretest adalah 54,04761905 lebih kecil dari kelas eksperimen posttest yaitu 78,80952381 berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media swafoto terhadap kreativitas menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Burneh.
AbstractionThe creativity of writing fantasy text texts has an influence in the learning process. In this activity, students are required to be active and creative to pour the ideas that are in their minds and then poured in written form, students can make a fantasy story and then pour it in written form assisted with a media will make students easier in the learning process. The formulation of the problem in this research is how the creativity of writing fantasy text texts for grade VII students of SMP Negeri 2 Burneh and how the influence of creativity writing fantasy text texts for grade VII students of SMP Negeri 2 Burneh. The purpose of this study to knowing by the influence of selfie media on the creativity of writing fantasy texts for grade VII students of SMPN 2 Burneh. This study use a Quasi Experimen design in pretest posttest control group desaign format. The population in influeence is student of SMP Negeri 2 Burneh grade VII D. The sampling of this research are use random sampling, total student of grade VII E are 21 as eksperimental class. Data collection obtained by performance test wich is conducted by students consists of three aspects of assessment in writing of historical history the aspect of assessment: elements suitability, structure suitability, and fantasy power. Every aspect has assessment standart. The analysis result showing that of experimental class t_count 12,04103796> t_tabel 2.09302 Ho was rejected and Ha was accepted. Average value of pretest experimental class students is 54,04761905 less than of eksperiment posttest is 78,80952381the conclusions based on the result of this study are through writing creativity historical fantasi student of SMP Negeri 2 Burneh grade VII.