Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Film Inspiratif Sang Pemimpi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMKN 1 Arosbaya Bangkalan
    Penulis : Mufarrohah
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid,S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jamiā€™ul Amil, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Abstra: Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh media film inspiratif Sang Pemimpi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMKN 1 Arosbaya Bangkalan. Penelitian ini menggunakan desain True eksperimental dengan bentuk desain pretest posttest control gruop desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Arosbaya Bangkalan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu kelas X TKJ A dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dan X TKJ B dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang diperoleh melalui tes unjuk kerja yang dilakukan oleh siswa terdiri dari lima aspek penilaian dalam menulis puisi. Aspek penilaian tersebut antara lain: bahasa figuratif, diksi, pengimajian, amanat dan isi. Masing-masinng aspek memiliki kriteria nilai sesuai konsep yang diadopsi oleh Ningwati (2017) Hal tersebut dapat diketahui melalui perbandingan ratarata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar dan 2,0294. Sedangkan rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 2,0583. Terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan film inspiratif Sang Pemimpi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMKN 1 Arosbaya Bangkalan. Dari penelitian yang dilakukan dengan penghitungan uji-t dengan taraf kesalahan 0,05 diperoleh thitung = 3,416 > ttabel = 0,179. Dengan demikian thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ho diterima. Kata Kunci: Film inspiratif, kemampuan menulis, puisi.

    Abstraction

    ABSTRACT Abstract: This study is motivated by te weakness of writing skills and the Abstra: This study aimed to find out the influence of the inspirational film of Sang Pemimpi on the poetry writing ability of class X students of SMK 1 Arosbaya Bangkalan. This study uses desaign True experimental with desaign pretest posttest village gruop control. The population in this study was the tenth grade students of SMK 1 Arosbaya Bangkalan. Sampling in this study used simple random sampling, namely class X TKJ A with 24 students as the control class and X TKJ B with 24 students as the experimental class. Data collection obtained through performance tests conducted by students consists of five aspects of assessment in writing poetry. Aspects of assessment include: figurative language, diction, pengimajian, mandate and content. Each aspect has a value criterion according to the concept adopted by Ningwati (2017). It can be seen through the comparison of the average pretest and posttest of the control class of and 2.0294. While the average pretest and posttest of the experimental class was 2.0583. There is a significant influence by using the inspirational film Sang Pemimpi on the ability to write poetry of class X students of SMK 1 1 Arosbaya Bangkalan. From the research conducted by calculating the t-test with a level of error of 0.05 obtained tcount = 3.416> t table = 0.179. Thus thitung> t table then Ho is rejected and Ho is accepted. Keywords: Inspiring films, writing skills, poetry.

Detail Jurnal