Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA TAYANGAN ANIMASI "Bang One" TERHADAP KREATIVITAS MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BURNEH BANGKALAN MADURA
    Penulis : AINUN FARADINA SYAIFULLAH
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak: Pemanfaatan media tayangan animasi “Bang One” diajukan sebagai media pembelajaran dalam menulis teks persuasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Burneh Bangkalan Madura banyak peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran menulis membosankan, sekaligus pembelajaran yang tidak menyenangkan karena guru cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengaruh media tayangan “Bang One” terhadap kreativitas menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMPN 2 Burneh Bangkalan Madura. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Burneh yang berjumlah 162 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan data kelas eksperimen yaitu diperoleh kelas ekperimenT hitumg 5,397 dan T tabel 2,007. Jadi dapat disimpulkan bahwa T hitung > T tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ditemukannya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media tayangan animasi “Bang One” terhadap kreativitas menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMPN 2 Burneh

    Abstraction

    Abstract: The use of "Bang One" animation show media is proposed as a learning media in writing persuasion texts. Based on the results of observations conducted at Burneh Bangkalan Madura 2 Middle School, many students thought that writing lessons were boring, as well as unpleasant learning because teachers tended to use lecture, question and answer, and assignment methods. The purpose of this study is to describe the influence of the media "Bang One" on the creativity of writing persuasive texts of class VIII students of SMPN 2 Burneh Bangkalan Madura. The research method used in the form of quantitative research with research designs True Experimental Design. The instruments used in this study were tests, observation sheets, questionnaires or questionnaires, and documentation. The population in this study were all eighth grade students in SMP Negeri 2 Burneh, totaling 162 students. Based on the results of the calculation of experimental class data that is obtained by the experimental class T hit 5.397 and T table 2.007. So it can be concluded that T count> T table so that Ho is rejected and Ha is accepted. The finding of a significant effect on the use of media media "Bang One" animation on creativity writing the text of persuasion of class VIII students of SMPN 2 Burneh

Detail Jurnal