Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI MENULIS PANTUN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 WARU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
    Penulis : Nur Afifah
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosyid.,S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Abstrak: Model pembelajaran Make a Match dipilih karena dengan model ini siswa bisa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan dapat bekerja sama dengan temannya atau kelompok. Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” bagaimana pengaruh model Make a Match pada materi menulis pantun terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waru Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Make a Match pada materi pantun terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waru Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Waru Pamekasan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Intrumen utama dalam penelitian ini adalah tes menulis pantun. Hasil penelitian menggunaan uji t diperoleh kelas ekperimen nilai thitung sebesar 2,967 dengan ttabel =2,101 dan kelas kontrol thitung 4,154 dengan ttabel 2,101. Dengan thitung dan ttabel diperoleh thitung> ttabel dengan hasil pengujian hipotesis berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match pada materi menulis pantun terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waru Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Kata kunci: Model pembelajaran, Make a Match. Menulis Pantun.

    Abstraction

    Abstract: The make a match learning models was in learning activities and can work with friends or groups based on the badeground, the formulation the problem in this researh is how the influence of the make a match models on rhyme writing malerial on the learning outcomes of seventh grade students of state junior high school 1 Waru Pamekasan on academic year 2018-2019. This research was quantitative research that used the quasi Eksperimental Design method. The population of this research was all seventh grade junior high school 1 Waru Pamekasan with purposive sampling. The man itrument in this research is poetry writing lest. The results of the research show the independent samples t-test hypothesis lest obtamed experimental class valve of t count of 2,967 and the control class t count is 4,154 with t table is 2,101. By using t count and t table obtained that t count > t table with the results of hypothesis. Lesting means that howas rejeckd and ha was accepled, it means that thare was an influence of make a match learning models on pantun writing malerial on leaerning outcomes of sevent grade students of stale junior high school 1 Waru Pamekasan on academic year 2018-2019. keywords: Learning Model, Make A Match, Write Rhymes

Detail Jurnal