Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MENULIS STATUS DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII MTS MAMBA'UL ULUM BEDANTEN
    Penulis : RATNA JUWITA SA'ADAH
    Dosen Pembimbing I : ABDUL ROSID, S. Pd., M. Pd.
    Dosen Pembimbing II :AHMAD JAMI'UL AMIL, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti mengenai kemampuan menulis serta kemenarikan menulis di media sosial bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini memanfaatkan media sosial sebagai media untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita fabel. Karena menulis status di media sosial termasuk hal yang menarik bagi siswa, sehingga akan mempermudah siswa dalam menentukan ide, gagasan, tema, serta imajinasi dan juga dapat meningkatkan motivasi menulis siswa. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh menulis status di media sosial terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh menulis status di media sosial terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. Cerita Fabel adalah penggambaran moral/unsur moral dan karakter manusia yang berisi kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. Penentuan ukuran sampel dipilih secara random dalam bentuk undian dengan kesepakatan undian pertama ditetapkan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII A dengan jumlah 26 siswa dan undian ke dua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII B dengan jumlah 26 siswa, pengundian tersebut disaksikan oleh wali kelas dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen t_hitung 5,9218 > t_tabel 2,064 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata nilai siswa kelas eksperimen pretest adalah 52,88 lebih kecil dari kelas eksperimen postest yaitu 74,2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh menulis status di media sosial terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. Kata Kunci : Pengaruh menulis status di media sosial, menulis teks cerita fabel

    Abstraction

    Abstract: This study is motivated by the results of observations of researchers regarding of writing skills and the attractiveness of writing on social media for students. Therefore, this study utilizes social media as a medium to find out the fable story text writing skills. Becuase writing status in social media is a thing that is interesting for students, so that it will make students easier to determine ideas, themes and imagination, and it can also increase students’ writing motivation. Based on the background, the statement of the problem in ths study is how the effect of writing status on social media on fable story text writing skills of seventh grade students of MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. This study has an objective to describe the effect of writing status on social media on fable story text writing skills of seventh grade students of MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. Fable story is a depiction of moral / moral elements and human character which contains criticism about life in the story.This study is a study that uses quantitative method by using true experimental with pretest-postest control group design. The population in this study is all seventh grade students of MTs Mamba’ul Ulum Bedanten. The sample size is chosen randomly in the form of lottery with an agreement that the first lottery is set as an experimental class that is class VII A with a total of 26 students and the second lottery as a control class that is class VII B with a total of 26 students, the lottery is witnessed by homeroom teacher and Indonesian Language subject teacher. The results of the analysis show that in the experimental class, t_count is 5.9218 > t_table that is 2.064 so that Ho is rejected and Ha is accepted. The average score of students in the experimental class pretest is 52.88 smaller than the experimental class postest that is 74.2. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an effect of writing status on social media on fable story text writing skills of seventh grade students of MTs Mamba’ul Ulum Bedanten Keywords:The effect of writing status on social media, fable story text writing

Detail Jurnal