Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII DI MTSN MODEL BANGKALAN
    Penulis : Suyut Wijianto
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Abstrak: Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis surat dinas yang dialami oleh peserta didik kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap keterampilan menulis surat dinas. Model pembelajaran Take and Give atau memberi menerima merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antartim. Jenis desain pada penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di MTsN Model Bangkalan” adalah True Experimen Desain. Penelitian ini memiliki dua variabel, yakni variabel bebas atau independen dan variabel terikat atau dependen. Variabel pertama, variabel bebas atau independen yaitu penggunaan model pembelajaran Take And Give. Variabel kedua, variabel terikat atau dependen yaitu keterampilan menulis surat dinas. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsN Model Bangkalan. Populasi tersebut terdiri dari kelas VII A sampai VII D. Sedangkan sampelnya terdiri dari Kelas VII A dan VII B. Teknik yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes keterampilan menulis, angket peserta didik, dan observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 4,7244 ttabel 2,0017 dengan taraf signifikan sebesar ? = 0,05. Sesuai dengan kaidah kepetusan bahwa thitung > ttabel maka h0 ditolak dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap keterampilan menulis surat dinas pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII di MTsN Model Bangkalan. Selain itu, dengan hadirnya model pembelajaran Take and Give berdampak pula pada aktivitas peserta didik. dari skor 360 menjadi 420 (kategori baik menjadi sangat baik). Kata kunci: Keterampilan menulis, Surat Dinas, Model Pembelajaran Take and Give

    Abstraction

    ABSTRACT Abstract: The background of this study is the low level of service writing skills experienced by students grade VII. This study aims to determine the influence of Take and Give learning models on service letter writing skills. The Take and Give learning model was a learning model that prioritizes interim collaboration. The type of design in the study entitled "The Influence of Take and Give Learning Model on Service Letter Writing Skills Viewed from Its Structure on Indonesian Language Learning in Class VII Students of MTsN Model Bangkalan" was True Experiment Design. This study has two variables, such as independent variables and dependent variables. The first variable, independent, was the use of the Take and Give learning model. The second variable, dependent variable, was the writing skill of service letters in terms of structure. In this study, the population were all VII grade students at MTsN Model Bangkalan. The population consisted by VII A to VII D classes. While the sample consisted to VII A and VII B Classes. The technique used in this study, was using a test of writing skills, student questionnaires, and observation of the activities of students. Based on the results of the test, obtained thitung 4,7244 ttabel 2,0017 with a significant level of ? = 0.05. In accordance with the rules of determination that thitung > ttabel then h0 was rejected and ha was accepted, so it can be concluded that there was an influence of the Take and Give learning model on servicel letter writing skills in terms of its structure in learning Indonesian grade VII of students at MTsN Model Bangkalan. In addition, with the Take and Give learning model, it also impacts on the activities of students, from the score 360 to 420 (the good category becomes very good) Keywords: Writing skills, Service Letter, Take and Give Learning Model,

Detail Jurnal