Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI PROSES TERJADINYA HUJAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANGKALAN TAHUN AJARAN 2018/2019
    Penulis : Moh Hasbi Ash Shiddiqi
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak Abstrak: Menulis merupakan cara seseorang untuk menuangkan ide serta gagasan yang ada di dalam hati dan pikirannya untuk membuat karya yang diciptakan untuk dinikmati oleh pembaca. Sebab itu peneliti menggunakan media video animasi guna membantu siswa dalam menulis teks eksplanasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yakni, bagaiamana kemampuan awal siswa dalam keterampilan menulis teks eksplanasi dan bagaimana pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan awal siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi. Media animasi merupakan penggambaran tentang tiruan bentuk mahluk hidup dengan sentuhan seni dan tipuan mata. Teks ekspanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang suatu proses kejadian baik berupa gejala alam, sosial, budaya maupun lainnya. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan desain True Experimental Design (Pretes-Postest Control Desain Grup). Variabel penelitian ini ada dua yakni variable bebas berupa media video animasi, sedangkan variabel terikat berupa teks ekspalanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bangkalan. Sampel yang digunakan yakni siswa kelas VIII A dan VIII B tidak dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil kemampuan awal pretes pada kelas eksperimen menunjukan hanya 2 siswa yang lulus dari 24 siswa, sedangkan pada kelas perets kontrol menujukkan 5 siswa yang lulus dari 24 siswa. Hasil perhitungan untuk melihat pengaruh menggunakan uji-t diperoleh taraf signifikan (?) = 0,05, maka diperoleh nilai thitung > ttabel (2,391 > 2,07), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan ini dapat dilihat juga pada nilai postes eksperimen yang menggunakan media video animasi jauh lebih tinggi daripada postes kontrol yang tidak menggunakan media video animasi. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bangkalan. Kata Kunci: Pengaruh, Media video animasi, Keterampilan menulis teks eksplanasi.

    Abstraction

    Abstract Abstract: Writing is a way for someone to express ideas and ideas that are in his heart and mind to create works created to be enjoyed by the reader. Therefore the researcher used animated video media to help students write explanatory texts. There are two problem formulations in this study, namely, how students' initial abilities in explanatory text writing skills and how the influence of video animation media on explanatory text writing skills of class VIII students. This study aims to see students' initial abilities before and after using animated video media. Animation media is a depiction of the imitation of living creatures with a touch of art and eye tricks. Expansion text is a text that describes an event process in the form of natural, social, cultural and other symptoms. This type of research is quantitative with the design of True Experimental Design (Pretest-Postest Group Design Control). There are two variables of this study, namely the free variable in the form of animated video media, while the dependent variable is the text of the expedition. The population in this study were eighth grade students of Bangkalan State Middle School 6. The sample used was class VIII A and VIII B students not randomly selected. Data collection techniques using observation, tests, and questionnaires. The results of the initial pretest ability in the experimental class showed that only 2 students graduated from 24 students, while in the perets control class showed 5 students who graduated from 24 students. The calculation results to see the effect using the t-test obtained a significant level (?) = 0.05, then the tcount> ttable (2.391> 2.07), then Ho is rejected and Ha is accepted. This acquisition can also be seen in the posttest value of the experiment using animated video media that is much higher than the control posture that does not use animated video media. This means that there is the effect of using video animation media on explanatory text writing skills of class VIII students of Bangkalan State Middle School 6. Keywords: Influence, Animated video media, Explanation text writing skills.

Detail Jurnal