Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Strip Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 KwanyarTahun Ajaran 2018-2019.
    Penulis : Farida Alisa
    Dosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak: Menulis adalah salah satu aspek keterampilan bahasa. Penelitian penggunaan media komik strip untuk melihat pengaruhnya terhadap kemampuan menulis cerita fantasi. Strip komik adalah sederet panil (panel) berisi gambar-gambar yang disertai dengan tulisan yang menceritakan kisah yang menghibur. Jenis penelitian true experimental design yang digunakan dalam penelitian berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik strip Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kwanyar Tahun Ajaran 2018-2019”. Hasil dari penelitian menulis cerita fantasi dengan menggunakan media komik strip hasil jumlah nilai pretest kelas eksperimen 2105 dengan rata-rata 63,78 dari 33 siswa dengan prsentase ketuntasan 27%. Sedangkan pada jumlah nilai posttest kelas eksperimen 2750 dengan rata-rata 83,33 dari 33 siswa dengan presentase ketuntasan 90%. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan menulis, angket respons siswa, dan observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung 3,709 > ttabel 2,045 dengan taraf signifikan sebesar ? = 0,05. Sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran komik strip terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kwanyar.

    Abstraction

    Abstract:Writing is one aspect of language skills. This study uses comic strip media to see its effect on the ability to write fantasy stories.. The comic strip is a series of panels containing pictures accompanied by writing that tells entertaining stories. The type of true experimental design used in the study was entitled "The Effect of Using Comic Strip Learning Media on the Writing Ability of Fantasy Stories of Class VII Students of State Middle School 1 Kwanyar Academic Year 2018-2019". The results of the study of writing fantasy stories using comic strip media resulted from the number of pretest scores in the experimental class 2105 with an average of 63.78 out of 33 students with a percentage of completeness of 27%. While the number of experimental class 2750 posttest scores with an average of 83.33 out of 33 students with 90% completeness percentage. The technique used in this study is the writing skills test, student response questionnaire and student activities observation. Based on the results of the t-test calculation, it is obtained that tcount is3.709 > ttableis 2.045 with a significant level of ? = 0.05. In accordance with the rules of testing that tcount> ttablethen H0 is rejected and Ha is accepted, so that there is an effect of comic strip based learning media on the ability to write fantasy stories of seventh grade students of SMP Negeri 1 Kwanyar.

Detail Jurnal