Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH VIDEO PANTOMIM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII MTS AN NURIYAH NGEPUNG KLAMPOK BENJENG GRESIK TAHUN AJARAN 2018/2019
    Penulis : EKA SEPTIA NI'MAH
    Dosen Pembimbing I : ABDUL ROSID, S. Pd., M. Pd.
    Dosen Pembimbing II :AHMAD JAMI'UL AMIL, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Menulis cerita fantasi menuntut siswa berpikir kritis, imajinatif, dan kreatif. Penelitian ini memiliki 2 rumusan masalah mengenai bagaimana keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTs An Nuriyah Ngepung dan bagaimana pengaruh video pantomim terhadap keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTs An Nuriyah Ngepung. Pada penelitian ini, mendeskripsikan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTs An Nuriyah Ngepung dan mendeskripsikan pengaruh video pantomim terhadap keterampilan cerita fantasi siswa kelas VII MTs An Nuriyah Ngepung dengan menggunakan true experimental design. Cerita fantasi merupakan cerita yang tidak mungkin terjadi yang sesungguhnya tak ada menjadi sebagai variabel terikat dan video pantomim merupakan video bisu yang hanya ada gerakan saja tanpa suara tetapi memiliki makna dan alur sebagai variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs An Nuriyah Ngepung Gresik dengan sampel VII A dan VII B MTs An Nuriyah Ngepung Gresik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh video pantomim terhadap keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTs An Nuriyah Ngepung Gresik tahun ajaran 2018/2019 yang telah dibuktikan dengan hasil uji t bertaraf kesalahan 0,05 diperoleh thitung = 3,878240119 > ttabel = 2,07387. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: video pantomim, keterampilan menulis, cerita fantasi.

    Abstraction

    Abstract: Writing is one of the skills that must be mastered by middle school students. Writing fantasy stories requires students to think critically, imaginatively and creatively. This study has 2 statements of research problem of how the fantasy story writing skills of seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah An Nuriyah Ngepung and how the effect of pantomime video on the fantasy story writing skills of seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah An Nuriyah Ngepung. This study describes the fantasy story writing skills of seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah An Nuriyah Ngepung and describes the effect of pantomime videos on fantasy story writing skills of seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah An Nuriyah Ngepung by using true experimental design. Fantasy story is a story that cannot happen that actually do not exist as a dependent variable and pantomime video is a silent video that only has movement without sound but has meaning and flow as independent variable. The population in this study is seventh grade students of MTs An Nuriyah Ngepung Gresik with samples of VII A and VII B of MTs An Nuriyah Ngepung Gresik that selected by using simple random sampling technique. The results of this study show that there is an effect of pantomime video on the fantasy story writing skills of seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah An Nuriyah Ngepung in the academic year of 2018/2019 which have been proven by the results of t test with a standard error of 0.05 which obtains tcount = 3,878240119 > ttable = 2,07387. Therefore, Ho is rejected and Ha is accepted. Keywords: pantomime video, writing skills, fantasy story.

Detail Jurnal