Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Video YouTube My Trip My Adventure edisi "Uji Adrenalin di Blue Lagoon" terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan Tahun pelajaran 2019/2020Penulis : Ade Vika Nanda YuniwanDosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.PdAbstraksi
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pemanfaatan fasilitas di lingkungan sekitar sebagai media yang efektif yang dapat digunakan pada proses pembelajaran, terutama di lingkungan yang dekat dengan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh video YouTube My Trip My Adventure edisi “Uji Adrenalin di Blue Lagoon” terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan tahun pelajaran 2019/2020, dan bagaimana hasil menulis teks deksripsi siswa sebelum dan sesudah menggunakan media My Trip My Adventure. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara video YouTube My Trip My Adventure edisi “uji adrenalin di Bluee Lagoon” terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui hasil menulis teks deskriptif siswa sebelum dan setelah menggunakan media video YouTube My Trip My Adventure. desain penelitian ini adalah true eksperimental design dengan jenis yang digunakan adalah Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan tahun ajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes menulis teks deskripsi. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t independen diperoleh nilai thitung 2,397 > ttabel 2,048 dengan kriteria thitung > ttabel, maka hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara video YouTube My Trip My Adventure edisi “Uji Adrenalin di Blue Lagoon” terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan hasil menulis sebelum menggunakan media video YouTube My Trip My Adventure menunjukkan hasil nilai rata-rata sebesar 65 dan hasil setelah menggunakan media video YouTube My Trip My Adventure menunjukkan hasil nilai rata-rata sebesar 74. Hasil menulis teks deskripsi menggunakan media video YouTube My Trip My Adventure edisi “Uji Adrenalin di Blue Lagoon” lebih baik dari pada tidak menggunakan media tersebut.
AbstractionAbstract: This research is motivated by the less optimal use of facilities in the surrounding environment as an effective medium that can be used in the learning process, especially in environments close to students. The formulation of the problem in this study is how the influence of the YouTube video My Trip My Adventure "Uji Adrenalin di Blue Lagoon" on the ability to write description text for Grade VII students of SMPN 1 Gedangan in the academic year 2019/2020, and how the results of writing the student's description text before and after using My Trip My Adventure media. The purpose of this study was to determine the effect of the YouTube video My Trip My Adventure edition of the “Uji Adrenalin di Blue Lagoon"on the ability to write descriptive texts in Grade VII students of SMPN 1 Gedangan in the academic year 2019/2020 and to find out the results of writing descriptive text of students before and after using the YouTube video media My Trip My Adventure. This research design is true experimental design with the type used is Pretest - Posttest Control Group Design. The population in this study were VII grade students of SMPN 1 Gedangan 2019/2020 school year with random sampling techniques. The main instrument used in this study was the test instrument for writing descriptive texts. Based on the hypothesis test using an independent t test obtained tcount 2,397 > ttable 2,048 with tcount criteria > ttable, then the results of hypothesis testing stated Ho was rejected and Ha was accepted, which means there was a significant influence between YouTube video My Trip My Adventure edition of "Uji Adrenalin di Blue Lagoon" on the ability to write description texts for grade VII students of SMP Negeri 1 Gedangan in 2019/2020 Academic Year. While the results of writing before using the YouTube video media My Trip My Adventure show the results of an average value of 65 and the results after using the YouTube video media My Trip My Adventure show the results of an average value of 74. The results of writing description text using the YouTube My Trip video media My Adventure edition of "Uji Adrenalin di Blue Lagoon" is better than not using the media.