Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KESALAHAN AFIKSASI KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUL ULAMA TRATE GRESIK TAHUN AJARAN 2018/2019Penulis : Yulida Indah SriningrumDosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Abstrak: Menulis karangan narasi merupakan salah satu materi yang terdapat pada semester ganjil kelas VII. Siswa menulis karangan narasi dengan menciptakan alur sesuai dengan pengalaman yang pernah siswa alami. Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih minimnya penggunaan kata yang baik dan benar yang sesuai dengan PUEBI khususnya penggunaan imbuhan dalam tulisan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan afiksasi karangan narasi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Trate Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa karangan narasi yang ditulis oleh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Trate Gresik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Trate Gresik. Sumber data yang terkumpul dalam penelitian ini sejumlah 102 karangan narasi dari siswa kelas VII-A hingga VII-D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasif, teknik dokumentasi dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif dengan konsep Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian berupa bentuk deskripsi proses kesalahan afiksasi. Simpulan dari penelitian ini adalah kesalahan afiksasi dalam penelitian ini yaitu telah ditemukan dan dideskripsikan kesalahan afiksasi karangan narasi siswa kelas VII MTs NU Trate Gresik Tahun Ajaran 2018/2019. Kesalahan prefiks mencapai 150 kesalahan, kesalahan pada konfiks 25 kesalahan dan kesalahan pada sufiks 18 kesalahan. Kesalahan terbanyak terdapat pada penggunaan prefiks dikarenakan siswa masih kurang tepat menggunakan prefiks dan kata depan. Pemilihan prefiks yang kurang padu dengan konteks kalimat dan prefiks yang semula digunakan untuk awalan, akhiran justru lebih sering digunakan untuk kata depan. Kata Kunci: kesalahan afiksasi, karangan narasi
AbstractionABSTRACT Abstract: Writing narrative essays is one of the material found in the odd semester of class VII. Students write narrative essays by creating grooves according to experiences that 1 Yulida Indah Sriningrum, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 Pembimbing I, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 Pembimbing II, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Page 2 students have experienced. This study aims to describe the form of narrative affixes errors in Nahdlatul Ulama Trate Gresik Madrasah Tsanawiyah VII grade students. The background in this study is the lack of use of good and correct words that are in accordance with PUEBI, especially the of affixes in student writing. This study uses a descriptive qualitative research approach. The research of data is in narrative essays written by VII grade students of the Nahdlatul Ulama Trate Gresik Madrasah Tsanawiyah. The source of data is a VII grade students of Nahdlatul Ulama Trate Gresik Madrasah Tsanawiyah. The source of the data which collected in this study is 102 narrative essays from students of class VII-A to VII-D. Data collection techniques in this study used participatory observation techniques, documentation techniques and note taking techniques. The data analysis technique uses interactive data analysis with the concepts of Miles and Huberman. Checking the validity of the data is done by technical triangulation. The results of the study are in the form of a description of the process of affixation errors. The conclusion of this study is that the misuse of affixation in this study is found and described as an error in the affixation of narrative essays of class VII students of MTs NU Trate Gresik Academic Year 2018/2019. Error prefix reaches 150 errors, errors in confix 25 errors and errors in suffix 18 errors. Most errors occur in the use of prefixes because students still don't use prefixes and prepositions. The selection of prefixes that are less coherent with the context of the sentences and prefixes that were originally used for the prefix, suffix is more often used for prepositions. Keywords: affixation errors, narrative essay.