Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KESALAHAN EJAAN BERDASARKAN PUEBI DALAM PENULISAN CERITA FANTASI PADA PROGRAM PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) 4 KELAS VII MTS NEGERI 3 NGANJUKPenulis : Lailatul MubarokahDosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini membahas tentang analisis kesalahan ejaan berdasarkan PUEBI dalam cerita fantasi pada program PDCI 4 Kelas VII MTs Negeri 3 Nganjuk. PDCI merupakan program akselerasi. Meskipun kecerdasan lebih unggul, belum tentu ketelitian menulis terutama penggunaan ejaan juga unggul. Oleh karena itu, peneliti memilih kesalahan ejaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) kesalahan pemakaian huruf kapital (tidak dipakainya huruf kapital sebagai huruf pertama awal kalimat dan huruf pertama unsur nama orang); (2) kesalahan bentuk ulang (ditulis tidak dengan menggunakan tanda hubung), kesalahan gabungan kata (unsur yang lazim disebut kata majemuk ditulis serangkai dan yang mendapat awalan atau akhiran ditulis serangkai), kesalahan kata depan (kata depan di dan ke ditulis serangkai), kesalahan partikel (partikel pun ditulis serangkai), kesalahan klitika (ditulis terpisah), dan kesalahan kata dasar (tidak ditulis sebagai satu kesatuan); (3) kesalahan tanda titik (tidak dipakai pada akhir kalimat pernyataan), kesalahan tanda koma (tidak dipakai untuk memisahkan petikan langsung, dipakai untuk memisahkan petikan langsung yang berupa kalimat tanya, tidak dipakai sesudah kata seru wah, tidak dipakai untuk memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimat, dan tidak dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian), kesalahan tanda hubung (tidak dipakai untuk menyambung unsur kata ulang), kesalahan tanda tanya (tidak dipakai pada akhir kalimat tanya), dan kesalahan tanda seru (tidak dipakai untuk mengakhiri ungkapan berupa perintah). Kata kunci: analisis kesalahan ejaan, pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, cerita fantasi.
AbstractionABSTRACT Abstract: This study discusses about the analysis of spelling errors based on PUEBI in fantasy stories on the PDCI 4 Class VII program MTs Negeri 3 Nganjuk. PDCI is an acceleration program. Although the intelligence is better, accuracy in writing, especially the use of spelling, is also better. Therefore, researchers chose the spelling errors. The purpose of this study is to describe the use of letters errors, word writing, and the use of punctuation. This study uses descriptive qualitative. The techniques of collecting data were used observation, documentation, reading, and recording. The techniques of analyzing data are used data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study (1) capital letter usage errors (no capital letters are used as the first letter of the beginning of the sentence and the first letter of the element name of the person); (2) remodeling errors (written not by using hyphens), combined word errors (elements commonly referred to as compound words and those with a beginning or suffix written in a series), prepositional errors (preposition in and to written in a series), particle errors (particles are written in a series), clitical errors (my clitics, you, and those written separately) and basic word error (not written as a unit); (3) a point error (not used at the end of the statement sentence), a comma error (not used to separate the direct passage, used to separate the direct passage in the form of a question sentence, not used after the exclamation wah, is not used to separate clauses precedes the parent sentence, and is not used among the elements in an item, hyphen error (not used to connect elements of a rephrase), question mark error (not used at the end of the question sentence), and an exclamation point error (not used to terminate a command expression Keywords: An analysis of spelling errors, letter usage, word writing, using of punctuation, fantasy stories.