Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK DR. WAHIDIN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2018/2019Penulis : Evadatul LuthfitasariDosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya tingkat kemampuan menulis siswa. Oleh sebab itu, peneliti menganalisis mengenai efektivitas penerapan metode bermain peran terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Dr. Wahidin Sawahan Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Dr. Wahidin Sawahan dan efektivitas metode bermain peran terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Dr. Wahidin Sawahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian true experimental berbentuk pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di sekolah dengan kelas X RPL 1 (rekayasa perangkat lunak) sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM (teknik sepeda motor) sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa cukup tinggi yang dilihat dari empat aspek yaitu unsur teks negosiasi, struktur teks negosiasi, kaidah kebahasaan dan kalimat efektif. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 85,9375 dan posttest kelas kontrol dengan rata-rata 77,8125. Sebanyak 90% dari total 40 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tuntas dalam kegiatan posttest. Hasil uji signifikansi pada nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung = 3,4264 > ttabel = 2,0244, sehingga dinyatakan bahwa metode bermain peran efektif digunakan pada keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Dr. Wahidin Sawahan Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: efektivitas, metode bermain peran, keterampilan menulis, teks negosiasi
AbstractionABSTRACT Abstract: Writing skills is one of the skills used to communicate directly and is one of the skills that must be possessed by students. The background of this study is the level of lack of students' writing skills. Therefore, researchers analyzed the application of role playing methods to the writing skills of class X negotiating text Dr. Wahidin Sawahan Nganjuk Regency 2018/2019 academic year. This study aims to learn the skills to write negotiating texts in class X SMK students Dr. Wahidin Sawahan and the role playing method for the writing skills of negotiating texts in class X of SMK Dr. Wahidin Sawahan. The research method used was quantitative with an experimental research design in the form of a pretest-posttest control group design. The study was conducted in schools with class X RPL 1 (software engineering) as the experimental class and class X TSM (motorcycle engineering) as the control class. The results showed that students' writing learning was quite high which was seen from four aspects, namely elements of negotiating text, negotiating text structure, linguistic rules and effective sentences. The average value of the experimental class posttest 85.9375 and the control class posttest with an average of 77.8125. As many as 90% of the total 40 students of the experimental class and control class were completed in the posttest activity. The results of the significance test on the posttest value of the experimental and control groups obtained a value of tcount = 3.4264 > t table = 2.0244, according to the method used in the writing skills of negotiating text in class X Vocational School Dr. Wahidin Sawahan Nganjuk Regency academic year 2018/2019. Keywords: effectiveness, role playing methods, writing skills, negotiating text.