Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Gambar Karikatur Pendidikan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI MAN 3 Nganjuk
    Penulis : DESI RAHMAWATI
    Dosen Pembimbing I : IRA FATMAWATI, S.S.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :ABDUL ROSID, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru sebagai pendidik dalam proses belajar mengajar masih menggunakan cara konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI MAN 3 Nganjuk dan pengaruh media gambar karikatur dalam menulis teks cerpen. Penerapan media gambar karikatur sudah terlaksana dengan melakukan uji coba tes tulis dengan mencakup lima aspek. Pertama, aspek kreativitas pengembangan tulisan. Kedua, aspek kesesuaian isi dengan tema gambar karikatur. Ketiga, aspek urutan peristiwa. Keempat, aspek pemilhan kata. Kelima, aspek penulisan kalimat. Jenis penelitian yang dgunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk desain Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Pengujian validitas menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Jika semua data sudah dinyatakan valid dan reliabel, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji signifikasi (uji-t). Nilai rata-rata yang diperoleh kelas pretest eksperimen dan kontrol adalah 75,5 dan 69, kelas postest eksperimen dan kontrol yaitu 85,75 dan 73,25. Pengolahan data uji-t dengan syarat bahwa kedua sampel harus berdistribusi normal dan varian bersifat homogen. Hasil uji-t postest diperoleh dari kelas eksperimen dan kontrol adalah thitung = 4,465 > ttabel = 2,024. Syarat dari pada uji-t adalah jika thitung > ttabel maka Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan pada media gambar karikatur terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI MAN 3 Nganjuk. Kata kunci: gambar, karikatur, menulis cerpen.

    Abstraction

    This research is motivated by the role of teachers as educators in the teaching and learning process still using conventional methods. The purpose of this study was to determine the ability to write short story texts in class XI MAN 3 Nganjuk and to determine the influence of caricature media in writing short story texts. The application of caricature image media has been carried out by conducting written test trials covering five aspects. First, the aspect of writing development creativity. Second, the conformity aspect of the content with the theme of caricature images. Third, the sequence of events. Fourth, the aspect of word selection. Fifth, the aspect of writing sentences. The type of research used is True Experimental Design in the form of Pretest-Postest Control Group Design. The technique of collecting data uses tests, observations, and questionnaires. Validity testing uses the construct validity test and reliability test using Cronbach Alpha formula. If all data has been declared valid and reliable, then proceed with a prerequisite test, namely the normality test, homogeneity test, and significance test (t-test). T-test data processing provided that both samples must be normally distributed and the variants are homogeneous. The results of the posttest t-test obtained from the experimental and control classes were tcount = 4.465> t table = 2.024. The requirement for the t-test is if thitung> t table then Ho is rejected. So, there is a significant influence on caricature image media on the ability to write short story texts in class XI MAN 3 Nganjuk. Keywords: pictures, caricatures, writing short stories.

Detail Jurnal