Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantukan Media Visual Pada Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 SocahPenulis : M. Imam JazuliDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru sebagai pendidik dan kurang aktifnya siswa ketika proses pembelajaran sebagai peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan suatu model yang tepat guna memperbaiki suatu proses pembelajaran yang kiranya dapat membuat proses pembelajaran semakin baik dan dapat membuat siswa lebih aktif, khususnya di kelas VIII-B SMPN 1 Socah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantukan media visual pada materi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Socah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw berbantukan media visual pada materi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Socah. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu tentang model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif jigsaw, media pembelajaran, hakikat menulis, dan hakikat teks eksplanasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw yang berbantukan media visual dapat membantu proses pembelajaran semakin baik, dari pihak guru maupun siswa yang semakin aktif dan efektif, sehingga model dan media pembelajaran yang digunakan dapat dikatakan cocok. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dan dapat dilihat dari hasil tugas siswa dalam menulis teks eksplanasi, materi yang diterapkan model pembelajaran jigsaw dan media visual tersebut. Kata kunci: pembelajaran kooperatif jigsaw, media visual, menulis teks eksplanasi.
AbstractionThis research is motivated by the ineffectiveness in the process of implementation of learning carried out by a teacher as an educator and less active students in process of learning as students. Therefore, it is necessary to apply an appropriate model to improve a learning process that can make the learning process better and can make students more active, especially in class VIII-B of Socah 1 Junior High School. The research problem of this study is how does the implementation of cooperative jigsaw learning model using visual media in the explanatory text material of class VIII SMP Negeri 1 Socah? This study aims to determine the process of implementation of cooperative jigsaw learning model using visual media on explanatory text material in class VIII SMP Negeri 1 Socah. This research uses several theories, namely about learning models, cooperative jigsaw learning models, learning media, writing, and explanatory texts. This type of research uses a qualitative approach. The technique of collecting data in this study are observation, interviews, and documentation. The technique of analyzing data of this study uses four types, namely data collection, data presentation, data reduction, and conclusion. The results showed that the implementation of a jigsaw learning model using visual media could help the learning process get better for the teacher and students who were increasingly active and effective, hence the learning model and learning media are suitable. This can be proven from the observations during the learning process and can be seen from the results of the students' assignments in writing explanatory texts, the material applied to the jigsaw learning model and the visual media. Keywords: Cooperative Learning Jigsaw, Visual Media, Writing Explanatory Text