Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Skrip Kooperatifterhadap Kemampuan Menulis Teks Berita kelas XII SMK PGRI 3 SidoarjoPenulis : Yunita PutriyantiDosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.PdDosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan sebagai pedoman pendidik untuk melakukan pembelajaran yang akan mempermudah untuk menyampaikan materi ajar kepada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran skrip kooperatif. Model pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis teks berita dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran skrip kooperatifsiswa kelas XII SMK PGRI 3 Sidoarjo. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengambilan data dari angket, tes, dan observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji validitas, uji reliabilias, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji signifikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran skrip kooperatif dapat mempengaruhi kemampuan menulis teks berita siswa kelas XII Akuntasi SMK PGRI 3 Sidoarjo, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran skrip kooperatif terhadap proses pembelajaran menulis teks berita. Hasil akhir dari perhitungan data tersebut adalah thitung mendapatkan hasil -2,139 dan ttabel mendapatan hasil 2,093. Jadi dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dan model pembelajaran skrip kooperatif dinyatakan berpengaruh terhadap proses pembelajaran menulis teks berita siswa kelas XII SMK PGRI 3 Sidoarjo. Kata kunci: Skrip Kooperatif, Menulis, Teks Berita
AbstractionThe learning model is a pattern that is used as a guideline for educators to conduct learning which is considered to make it easier to deliver teaching material to students. A learning model that can be applied is the Cooperative Script learning model. It is very suitable to be applied to the 2013 curriculum. This study aims to describe the results of the ability to write news texts and describe the influence of cooperative script learning models of class XII of SMK PGRI 3 Sidoarjo. This research approach uses a quantitative approach. Data collection techniques used are data collection techniques from questionnaires, tests, and observations. The technique used to analyze the data is validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, and significance test. The results of this study indicate that: (1) the use of cooperative script learning models can affect the ability to write news texts of class XII of SMK PGRI 3 Sidoarjo, (2) there is the influence of cooperative script learning models on the learning process of writing news texts. The final result of the calculation of the data is that the tcount gets -2.139 and the table gets the result of 2.093. So from the calculation results it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, and cooperative script learning model is declared influential on the learning process of writing news text XII of PGRI 3 Sidoarjo. Keywords : Cooperative Script, Writing, News Script