Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEBAT TEKNIK ITEMIZED RESPONSE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MEDIA WEBLOG KELAS KITA X MAN BANGKALAN
    Penulis : Horiyah
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman,S.Pd,.M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil,S.Pd,.M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Dalam proses pembelajaran di kelas kecenderungan siswa kurang bertanya, membuat keaktifan belajar siswa menjadi rendah di kelas. Penerapan metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh pengajar yang kurang variatif membuat siswa merasa bosan, kurang memperhatikan dan menyepelekan mata pelajaran simulasi digital. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran debat aktif pada mata pelajaran simulasi digital. Hasil penelitian penujukkan bahwa penerapan metode pembelajaran debat aktif dengan didukung oleh teknik itemized response dengan menggunakan bantuan media weblog kelaskita meningkatkan keaktifan berdiskusi siswa terhadap mata pelajaran simulasi digital. Keaktifan belajar yang ditunjukkan menggunakan metode pembelajaran debat ,semakin meningkat sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran debat berpengaruh positif terhadap kemapuan belajar siswa dalam meningkat keaktifan siswa dalam berbicara yang menggunakan mediea weblog kelaskita. Dengan adanya media ini siswa akan mengerti penting nya memberikan argument dalam suatu perdebatan dan diharapkan dengan adanya pengaruh dari metode debat ini yang menggunakan teknik itemized response dalam meningkat pengaruh bicara siswa serta didukung dengan media weblog kelas kita akan jauh lebih baik lagi dalam meningkatkan pelajaran siswa dan siswa yang tidak aktif akan jauh lebih aktif lagi. Kata kunci : metode pembelajaran, teknik ,debat, media, keaktifan

    Abstraction

    ABSTRACT In the learning process in the classroom the tendency off students to be helpless makes students learning activities low in class. The application of learning methods and media used by teachers who are less varied makes studets feel bored, pay less attention and undererstimate digital simulation subjects. Therefore a study was carried out by applying the active debate learing method to digital simulation subjects. The results of the research show that the application of the active debate learning method supported by itemized response techniques using the hel of class weblog media help of class weblog media helps us to increase the activity of studest discussing digital simulation subjects. Learning activeness shown using the debate learning metohod is increasing so that it can be said that the application of the debate learning method has a positive effect on students’ learning abilities in increasing student activity in speaking using our class weblog media. Whit this media students wiil understand the importance of giving arguments in a debate and it is hoped that with he influence of student speech and supposted by our class weblog media wiil be even better in improving student learning and students who are not active wiil be much more active. Keywords : learning methods, techniques, debates, media, activeness.

Detail Jurnal