Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penerapan Metode Quantum Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Socah Tahun Ajaran 2018/2019
    Penulis : Mailawati
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Quantum Learning merupakan salah satu dari sekian banyak metode yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajar siswa dengan cara yang baru. Mata pelajaran di sekolah menjadi beban bagi siswa setiap harinya. Maka dari itu, sebagian besar siswa kadang-kadang tidak mendengarkan atau tidak memedulikan materi yang disampaikan guru. Sebagai seorang guru baik yang hendak memberikan sebuah ilmu pengetahuan yang tepat sasaran, guru membutuhkan metode lain untuk mencegah kebosanan pada siswa. Quantum Learning memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah melatih keterampilan menulis siswa. Bobbi DePorter mengatakan terdapat tujuh tahap untuk melaksanakan Quantum Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Experimental design yaitu quasi experimen. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan tes hasil kerja siswa yang didukung dengan observasi dan angket. Peneliti menggunakan uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis, di antaranya adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Peneliti dapat melanjutkan uji t untuk menjawab rumusan masalah dalam penelititan ini. Berdasarkan hasil penghitungan data ditemukan bahwa t hitung 2,96299 > 2,07961 t tabel. T hitung lebih besar daripada t tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh penerapan metode Quantum Learning terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Socah dalam menulis sebuah teks drama. Kata Kunci: Quantum Learning, naskah drama, tujuh tahapan.

    Abstraction

    Abstract: Quantum Learning is one of various methods which can be used by teachers to teach students in new ways. School subjects become a burden for students every day, so it makes most of them sometimes do not listen or ignore the material presented by the teacher. As a good teacher who wants to provide a science right on target, the teacher needs another method to prevent boredom in students. Quantum Learning has many advantages, one of which is training student's writing skills. Bobbi DePorter said that there are seven stages to implementing Quantum Learning. This study used an Experimental Design research type with Quasi Experimental. There is data taking technique with test of results student work that supported by observation and questionnaire. The researcher used the prerequisite test before carrying out a hypothesis test, including the tests of normality and test of homogeneity. Researchers continued the t-test to find out the answers to the research problems in this study. Based on the results of the calculation of the data found that t count 2,96299 > 2,07961 t table. T count is greather than t tabel which means that Ho rejected and Ha accepted. It means that there is an effect in the implementation of Quantum Learning method to writing skills of eighth grade students of Junior High School 1 of Socah in writing a manuscript of a drama. Keywords: Quantum Learning, manuscript of a drama, seven stages.

Detail Jurnal