Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ANIMASI KESEHATAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO TUBAN
    Penulis : Ika Novita Sari
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Banyaknya iklan di televisi dan di media sosial yang kurang mendidik, media pembelajaran yang monoton, dan minat menulis yang rendah. Peneliti mencoba untuk menggunakan video iklan layanan masyarakat animasi kesehatan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis, Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah periklanan dengan memfokuskan pada teori iklan layanan masyarakat. Maka rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media video iklan layana masyarakat animasi kesehata terhadap keterampilan menulis tesk persuasi. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh media video iklan terhadap keterampilan menulis teks persuasi. Media merupakan alat untuk berkomunikasi antara pengirim dengan penerima pesan, supaya penerima lebih memahami apa yang dimaksudkan oleh pengirim pesan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design dengan dua kelompok yang telah dipilih yaitu pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebgaa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dengan menggunakan metode alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliabel maka dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan syarat kedua sampel berdistribusi normal dam bervarian homogen. Hasil uji-t menggunakan sampel berkorelasi maka diperoleh hasil uji-t pretest kelas control dan eksperimen adalah 2,0423? 6,6703? 2,0423, Menurut kriteria pengujian uji-t jika –ttabel ? thitung ?ttabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara media video iklan layana masyarakat animasi kesehatan terhadap keterampilan menulis siswa. Kata kunci: Media iklan, Keterampilan Menulis, Teks Persuasi

    Abstraction

    ABSTRACT The number of advertisement on television that are less of education, a monotonous learning media, and low interest in writing. The writer used advertisement as a media of learning in improving writing skills. The research in this study is how does video advertising media influence on the ability to write text persuasi. media is a means to communicate between the sender and the recipient of the message, so that the recipient understand what is meant by the sender. This quantitative research applied quasi experimental design. The sample usedin this research is class VIII A as experiment claas and VIII B as control class. This study used test, kuesioner, observation, and documentations. The calibration of validityemployed validity test while eliability calibration used alpha cronbachtest. After the data was valid and reliable, then the write conducted the prerequisite testnamely normality and homogeneity. The data processing used t-test provided that both samples of t-test obtained 2,0423? 6,6703? 2,0423 of control and experiment class. According to the criterion of the test t test if –ttabel ? thitung ?ttabel then Ho is rejected, so there is different significant influence between the first and final ability of control class learners and experiment class. Keywords: Advertisement media, Throgh Writing Persuasion Text, Text Persuasion

Detail Jurnal