Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERANGKAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 AROSBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
    Penulis : Intan Ayu Dwi Ratna Sari
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S. Pd., M. Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Abdul rosid, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran menulis dan media yang kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menggunakan media gambar berangkai yaitu berupa rangkaian gambar yang ceritanya saling terkait antara satu dengan yang lainnya sehingga siswa lebih mudah dan kreatif dalam menulis teks cerita fabel. Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan guru atau pendidik dalam menyampaikan materi, salah satunya ialah materi fabel yang berisi tentang cerita hewan yang tingkah lakunya menyerupai manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMPN 1 Arosbaya, dan bagaimana pengaruh media pembelajaran gambar berangkai terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII SMPN 1 Arosbaya. Tujuannya ialah untuk mengetahui keterampilan menulis teks cerita fabel dan pengaruh media gambar berangkai terhadap keterampilan menulis. Media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa sehingga kegiatan belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Pada penelitian ini menggunakan media pembelajaran gambar berangkai untuk mempermudah siswa dalam hal keterampilan menulis teks cerita fabel. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif quasi eksperimental design dengan tipe nonequivalent control group design dan tipe pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Pengujian validitas menggunakan uji validitas konstruk dan pengujian reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliabel maka selanjutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya untuk menguji hipotesis dilakukan uji t. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, setelah menggunakan gambar berangkai, keterampilan siswa menjadi lebih baik dan meningkat dengan hasil yang diperoleh pada nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 56,04 dan pretest eksperimen sebesar 67,06 sedangkan pada postest kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 72,07 dan postest eksperimen sebesar 81,37. Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,19 dan ttabel sebesar 2,0423, sehingga berdasarkan kriteria penilaian jika thitung=4,19>ttabel=2,0423 maka Ho ditolak dan terdapat pengaruh media pembelajaran gambar berangkai terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII SMPN 1 Arosbaya. 2 Kata Kunci: Media, Gambar Berangkai, Menulis, Teks Fabel

    Abstraction

    ABSTRACT This research is motivated by many students who are less enthusiastic in writing learning and less interesting media. Therefore, the writer tries to use media of sequential pictures that are in the form of picture series which the story is interrelated to each other, so the student is easier and more creative in writing fable story texts. Learning media is the one of tool which is used by the teacher or educator in delivering the material, the one of them is material of fable which contains the story of animal that has a behaviour resembles to the human. The research problems in this research are how is the writing skill of fable story text in students of Class VII in Junior High School 1 Arosbaya and how is the influence of learning media of the series picture at the writing skill of fable story text in students of Class VII in Junior High School 1 Arosbaya. The purpose is to find out the writing skill of fable story text and the influence of the series picture media to the writing skill. Learning media can catch the student’s attention so teaching and learning activities can achieve the desired goals. In this research uses learning media of the series picture to make easy the students in the writing skill of fable story text. The type of this research is quantitative research namely quasi experimental design by the type of non-equivalent control group design and the type of sampling uses the technique of cluster sampling. The technique of collecting the data uses the test method. The test of validity uses the validity test of construct and reliability using the technique of alpha cronbach. After the data is stated to be valid and reliable so the next it is organised the test of normality and homogeneity, then for testing the hypothesis it will be organised t test. Based on the result of the research, after using the series picture, student’s skill are better and it can increase with the result which is achieved the average value of control class pretest amount of 56,04 and experiment pretest is amount of 67,06 meanwhile at the control class postest, the average value is amount of 72,07 and experiment postest is amount of 81,37. The result of t test is obtained the value of thitung is amount of 4,19 and ttable is amount of 2,0423, so based on the assessment criteria, if thitung = 4,19>ttable = 2,0423, so Ho is rejected and it is included the influence of learning media of series picture at the student’s skill in writing fable story text at the students of Class VII in Junior High Shool 1 Arosbaya. Keywords: Media, Series Image, Writing, Fable Text

Detail Jurnal