Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Media Papan Memori Kesenian Tari Tradisional Madura Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bangkalan Tahun ajaran 2018-2019.Penulis : Zenita Aisyah HidayantiDosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Ahmad Jamiul Amil, S.Pd, M.PdAbstraksi
Abstrak Media papa memori sendiri adalah media permainan yang cepat dan mudah untuk membantu siswa mengingat istilah dan definisi teknis, bentuk media papan memori sendiri menyerupai papan mading umumnya akan tetapi di modifikasi menjadi banner yang di desain sendiri gambarnya. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh media papan memori kesenian tari tradisional Madura terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, menggunakan desain penelitian true experimental design dengan metode pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Pengujian uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas dengan resiko kesalahan 5%. Hasil uji-t menggunakan sampel berkolerasi maka diperoleh hasil uji-t posttest kelas kontrol dan eksperimen adalah t hitung = 20,92 nilai t tabel = 2,06. Menurut kriteria pengujian t jika t hitung > tabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan kemampuan akhir antara peserta didik kelas kontrol dengan peserta didik kelas eksperimen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media papan memori kesenian tari tradisional Madura berpengaruh pada kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bangkalan.
AbstractionAbstract: The memory media itself is a fast and easy game media to help students remember the terms and technical definitions, the shape of the memory board media itself resembles a mading board generally but modified into a banner that is designed by the image itself. The aim was to determine the effect of memory board media on traditional Madura dance arts on the ability to write procedure texts. The type of research used was quantitative, using the true experimental design research design with the pretest posttest control group design method. Data collection techniques use test and observation methods. The prerequisite test is the normality and homogeneity test with a 5% error risk. The results of the t-test using samples correlate the results of the t-test posttest of the control and experimental classes are t count = 20.92 the value of t table = 2.06. According to the testing criteria t if t count > table, then Ho is rejected, so there is a difference in final ability between control class students and experimental class students. So, it can be concluded that the memory board media of traditional Madurese dance arts have an effect on the ability to write procedural texts of Grade VII students of Bangkalan Public Middle School 4.