Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MONTONG TUBAN TAHUN AJARAN 2018-2019Penulis : AmbarwatiDosen Pembimbing I : Abdul Rosid, S. Pd., M. Pd.Dosen Pembimbing II :Ahmad Jamiāul Amil, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran menulis dan mengganggap kegiatan menulis sangat membosankan, oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dalam proses menambah kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan menulis karangan eksposisi siswa dan bagaimana pengaruh model reciprocal teaching terhadap tingkat pemahaman menulis karangan eksposisi siswa. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis karangan eksposisi siswa juga untuk mengatahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap tingkat pemahaman menulis karangan eksposisi siswa. Model pembelajaran reciprocal teaching dapat menarik perhatian siswa agar menambah minat belajar siswa sehingga kegiatan belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Pada penelitian ini menggunakan model reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif quasi experimental design dengan tipe pretest-posttest control group design dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Data hasil tes dihitung menggunakan perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain, untuk data angket dihitung menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan dari hasil posttest kelas eksperimen keterampilan menulis siswa sudah mulai memperhatikan 82% mengemukakan gagasan, 85% mengembangkan organisasi isi dan pada unsur 76% gaya bahasa, 74% pilihan struktur kosa kata dan 75% ejaan, uji-t posttest kelas kontrol dan eksperimen adalah 6,8184 < 2, 0423 sehingga Ho ditolak. Menurut kriteria pengujian uji-t jika thitung ? ttabel, maka Ho ditolak dan terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap tingkat pemahaman menulis teks eksposisi siswa kelas XI SMAN 1 Montong Tuban. Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, Tingkat Pemahaman, Menulis Teks Eksposisi
AbstractionABSTRACT Abstract: This research is motivated by students who are less enthusiastic in writing learning and consider writing activities to be very boring, therefore researchers try to use the reciprocal teaching learning model in the process of improving students' ability to write exposition texts. The formulation of the problem in this study is how the ability to write exposition essays of students and how the influence of the reciprocal teaching model on the level of understanding of students' exposition writing. This study is to determine the ability to write exposition essays of students also to know the effect of reciprocal teaching models on the level of understanding of students' exposition writing. The learning model can attract students 'attention in order to increase students' interest in learning so that teaching and learning activities can achieve the desired goals. In this study using the reciprocal teaching model to improve students' ability to write text exposition. This type of research is quantitative quasi experimental design with the type of pretest-posttest control group design and sampling using purposive sampling technique. The technique of collecting data uses tests, questionnaires, observation and documentation. Test results data are calculated using statistical calculations, namely by normality test, homogeneity test, hypothesis test and gain test, for questionnaire data calculated using the Likert scale. The results of this study indicate that the results of the posttest experimental class of students' writing skills have begun to pay attention to 82% expressing ideas, 85% developing organizational content and 76% language style, 74% choice of vocabulary structures and 75% spelling, posttest t-test control and the experiment is 6.8184 <2, 0423 so Ho is rejected. According to the t-test testing criteria if t count abel t table, then Ho is rejected and there is an effect of the reciprocal teaching model on the level of understanding of writing exposition text of class XI students of SMAN 1 Montong Tuban. Keywords: Reciprocal Teaching Model, Level of Understanding, Writing Text Exposition